Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 3, Nomor 1 Maret 2023

Pola Interaksi Guru Dan Siswa Tunarungu Di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Negeri Satu Makassar

Nuralam Nuralam (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Syukur (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pola interaksi guru dan siswa tunarungu dalam pembelajaran di SLB Pembina tingkat provinsi negeri 1 makassar. (2) Apa faktor penghambat interaksi guru dan siswa tunarungu di SLB pembina tingkat provinsi negeri 1 makassar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan informan sebanyak 9 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pola interaksi guru dan siswa tunarungudalam pembelajaran a) menggunakan pola verbal dan pola itu dilakukan dengan cara menggabungkan verbal dan nonverbal agar siswa tunarungu dapat terbiasa berinteraksi menggunakan verbal tersebut b) pola nonverbal dalam interaksi pembelajaran antara guru dan siswa dengan mengajarkan abjad huruf kata demi kata agar siswa dapatm emahami materi yang disampaikan (2) faktor penghambat interaksi guru adalah a)faktor psikologis siswa tunarungu dikarenakan intelegensi anak tunarungu yang rendah sehingga sulit mencerna pembelajaran b) faktor semantik dalam keterhambatan tersebut berupaya mengulang materi pelajaran yang diberikan terhadap siswa tunarungu. Selain itu, guru berupaya mengartikan satu persatu kata saat interaksi pembelajarannya karena siswa mengalami keterhambatan dalam semantik siswa tunarungu. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...