Jurnal Citizenship Virtues
Vol. 3 No. 1 (2023): Nilai Toleransi Dalam Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan

Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kartu Jakarta Pintar Terhadapn Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Siswa

Iskandar Iskandar (SMPN 166 Jakarta)
Muhamad Sutisna (STKIP Arrahmaniyah)
Sulistianingsih Sulistianingsih (STKIP Kusuma Negara)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai pengaruh persepsi tentang Kartu Jakarta Pintar (KJP) terhadap disiplin belajar dan hasil belajar pada materi norma dalam kehidupan bermasyarakat di SMPN 166 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif  kuantitatif dengan studi koralasional. Pengujian hipotesis pertama menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara persepsi tentang KJP terhadap disiplin belajar. Koefisien determinasi adalah ry12 = 0,3073. Hal ini berarti bahwa 30,73 %  variansi persepsi tentang KJP (Y) dapat dijelaskan oleh variabel disiplin belajar (X1).Pengujian hipotesis kedua membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif antara persepsi tentang Kartu Jakarta Pintar terhadap hasil belajar pada materi norma dalam kehidupan bermasyarakat. Koefisien korelasi antara variabel persepsi tentang KJP (Y) terhadap hasil belajar pada materi norma dalam kehidupan bermasyarakat  (X2)    ry2  = 0,3801. Hal ini berarti bahwa 38,01 %  variansi persepsi tentang KJP (Y) dapat dijelaskan oleh variabel hasil belajar pada materi norma yang berlaku dalam masyarakat (X2). Penemuan  hipotesis ketiga, terbukti terdapat pengaruh positif antara persepsi tentang KJP terhadap disiplin belajar dan hasil belajar pada materi norma dalam kehidupan bermasyarakat. Koefisien korelasi jamak = 0,8827. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,7791. Dikatakan 77,91% variansi yang terjadi pada Persepsi tentang KJP (Y) dapat dijelaskan oleh variabel disiplin belajar (X1) dan hasil belajar pada materi norma dalam kehidupan bermasyarakat (X2).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

citizenshipvirtues

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Citizenship Virtues is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state-of-the-art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new technologies in the ...