Penelitian ini didasari pada kurangnya pengetahuan anak akan permainan tradisional serta peran guru dalam mengenalkan permainan tradisional. Tujuan penelitian adalah mengetahui tentang pengenalan permainan tradisional pada serta peran guru dalam mengenalkan permainan tradisional. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian adalah deskriftif. Subjek dalam penelitian adalah guru, kepala sekolah dan peserta didik PAUD Kasih Bunda Desa Engkurai. Objek dalam penelitian adalah pengenalan permainan tradisional pada anak usia dini. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara. Pengecekan kebasahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian diketahui bahwa guru dalam mengenalkan permainan tradisional di PAUD Kasih Bunda Desa Engkurai kepada peserta didik dimulai dari story telling atau menunjukkan gambar permainan tradisional, memberitahukan anak nama permainan, mendemonstrasikan dan memainkan permainan tradisional bersama dengan peserta didik. Dalam mengenalkan permainan tradisional, guru berperan sebagai fasilitator yaitu memberikan layanan dan menyiapkan fasilitas dalam permaian tradisional.
Copyrights © 2023