cover
Contact Name
Umairah Tiffany
Contact Email
umairahtiffany9999@gmail.com
Phone
+6289625205709
Journal Mail Official
jurnalpaudmasakeemasan@gmail.com
Editorial Address
STKIP Melawi, Jl RSUD Melawi, KM 04, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi
Location
Kab. melawi,
Kalimantan barat
INDONESIA
Masa Keemasan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 29627184     DOI : -
Core Subject : Education,
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is published by Early Childhood Education Departement in STKIP Melawi, West Kalimantan, Indonesia. This journal is published twice a year in January and July. This journal is consists of conceptual articles and research reports related to nursery school, pre-primary school, or play school.
Articles 31 Documents
MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATANMENGGAMBAR PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAKISLAM TERPADU INSAN KAMIL Lusiana Lusiana; Kartini Kartini; Waridah Waridah
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.222 KB) | DOI: 10.46368/.v1i1.404

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pelaksanaan pembelajaran kreativitas melalui kegiatan menggambar; dan(2) meningkatkan kreativitas anak dengan menggunakan kegiatan menggambar. Jenis penelitian ini adalah penelitiantindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang ada di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu InsanKamil yang berjumlah 25 anak. Objek. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasidan instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil kreativitas anak dilihat pada siklus pertama pertemuan I mencapai nilairata-rata 52,63% dengan kategori anak sudah mulai berkembang, pada pertemuan kedua siklus I nilai rata-rata mencapai68,88%, sedangkan rata-rata perolehan persentase pade siklus I mencapai 58,96% dengan katagori berkembang sesuaiharapan. Pada siklus kedua pertemuan pertama nilai rata–rata yang di peroleh sebesar 74,44% dan pada siklus II pertemuankedua mencapai nilai rata-rata 83,88%. Sedangkan rata–rata perolehan persentase pada siklus ke II mencapai nilai sebesar79,17% dengan katagori berkembang sangat baik. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa hasil lembarobservasi siklus I masih dikatakan belum berhasil karena perolehan persentase siswa belum mencapai nilai keberhasilanyang diharapkan dengan demikian peneliti dilanjutkan lagi pada siklus II dan pada siklus ke II ini perolehan persentasesudah mencapai kriteria keberhasilan yang di harapkan yaitu 75%. Dengan demikian bahwa melalui kegiatan menggambarkreativitas anak usia dini kelas B di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Insan Kamil dapat meningkat.Kata Kunci: Kreativitas, Menggambar, Anak Usia Dini
PERSEPSI ORANG TUA PESERTA DIDIK PAUD TUNAS HARAPAN DESA PEKAWAI KECAMATAN SAYAN TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH MELIBURKAN PROSES BELAJAR DI MASA COVID-19 Nining Kurniati; Septian Peterianus; Kartini Kartini
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.899 KB) | DOI: 10.46368/.v1i2.801

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan persepsi orang tua peserta didik PAUD Tunas Harapan terhadap kebijakan pemerintah meliburkan proses belajar di masa covid-19.Penelitian dilaksanakan berdasarkan latar belakang penelitian, yaitu pandemi covid-19 adalah krisis kesehatan yang pertama dan terutama di dunia. Banyak negara yang memutuskan untuk menutup sekolah, perguruan tinggi dan universitas dan penutupan sekolah juga terjadi lebih dari puluhan negara karena wabah covid-19.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan variasi pendekatan fenomenologi. subjek penelitian ini orang tua peserta didik PAUD Tunas Harapan Desa Pekawai Kecamatan Sayan dengan jumlah 10 orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara.Hasil penelitian ini mendeskripsikan hasil wawancara dengan orang tua peserta didik tentang persepsi orang tua peserta didik PAUD Tunas Harapan terhadap kebijakan pemerintah meliburkan proses belajar di masa covid-19. Diketahui bahwa orang tua peseta didik setuju dan ada pula yang tidak setuju atas kebijakan Pemerintah meliburkan proses belajar di pada masa pandemi covid-19.
KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK PELANGI Theresia Desi; Kartini Kartini; Indria Susilawati
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.712 KB) | DOI: 10.46368/mkjpaud.v2i1.737

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan sosial emosional anak melalui permainan tradisional gobak sodor pada anak usia dini 5-6 tahun di TK Pelangi dan pelaksanaan pembelajaran permainan gobak sodor pada anak usia dini 5-6 tahun di TK Pelangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak usia dini 5-6 tahun di TK Pelangi. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Peneliti berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui guru dan siswa di TK Pelangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran gobak sodor yang dilakukan telah sesuai dengan aturan permainan dan terlaksana dengan baik dan menyenangkan hanya saja masih ditemukanya dalam hal fisik yaitu kekurangannya lahan yang luas dan hanya bisa untuk satu lapangan yang mengakibatkan siswa lain untuk menunggu pergantian setiap bermain karena mengingat jumlah siswa yang melebihi batas aturan permainan sehigga pelaksanaan permainan gobak sodor masih belum efektif. Dan  kondisi awal kemampuan sosial emosional anak sebelum diberikan tindakan yang masuk dalam kriteria skor tiga ada 35%. Pada siklus I guru menggunakan permaianan gobak sodor, dalam permaianan tersebut diberikan cotoh perbuatan yang seharusnya dilakukan oleh anak, setelah itu anak mempraktikkan kegiatan seperti yang telah dicontohkan yaitu anak mau meminjamkan miliknya, anak mau berbagi dengan teman dan anak saling membantu sesama teman. Pada siklus I anak yang memperoleh skor 3 terdapat 51,6%, pada siklus II peningkatan kemampuan sosial emosional menjadi 91,6%. Dapat dilihat pada tingkat keberhasilan kegiatan yang dilakukan pada setiap tahapan siklus yang mengalami peningkatan.
PERAN ORANGTUA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI Kumil Istiqomah; Waridah Waridah; Mastiah Mastiah
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.13 KB) | DOI: 10.46368/mkjpaud.v2i1.677

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripskan peran orangtua terhadap kecerdasan spiritual anak usia 4-5 tahun. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi, serta instrumen penelitian yang menggunakan pedoman wawancara yang mengacu pada indikator peran orangtua terhadap kecerdasan spiritual anak usia 4-5 tahun. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa orangtua di Desa Tanjung Lay dan di Desa Paal sudah berperan terhadap kecerdasan spiritual anak-anaknya. Akan tetapi, peran antara Ayah dan Ibu dari kedua Desa tersebut belu seimbang. Peran Ayah di Desa Tanjung Lay dan di Desa Paal dalam memberikan teladan, mendidik, memberikan motivasi, dan memberikan kasih sayang kepada anak masih kurang dikarenakan kesibukannnya dalam bekerja (mencari nafkah), sehingga dari kedua Desa tersebut Ibu yang lebih berperan terhadap kecerdasan spiritual anak-anaknya. Walaupun demikian, orangtua di Desa Tanjung Lay dan di Desa Paal tetap berusaha untuk berperan terhadap kecerdasan spiritual anak-anaknya, diantaranya :1) Berperan dalam memberikan teladan, 2) Berperan dalam mendidik anak, 3) Berperan dalam memberikan motivasi, dan 4) Berperan dalam memberikan kasih sayang.
UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN PERKEMBANGAN MORAL AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI PAUD MANTAS TOLAS Nomiyati Nomiyati; Kartini Kartini; Suyatmin Suyatmin
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.435 KB) | DOI: 10.46368/mkjpaud.v2i2.810

Abstract

Penelitian dilatar belakangi menumbuhkan perkembangan moral agama pada anak usia dini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menumbuhkan perkembangan moral agama pada anak usia dini di PAUD Mantas Tolas Desa Bora Kecamatan Sayan. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan Kepala PAUD. Prosedur dalam penelitian ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir penelitian. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara dan lembar observasi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian diperoleh bahwa upaya guru dalam menumbuhkan perkembangan moral agama pada anak usia dini di PAUD Mantas Tolas Desa Bora dengan memasukan pembelajaran agama kedalam RPPH dengan metode bercerita dan bermain, membiasakan anak berdoa sebelum belajar dan sesudah belajar serta berdoa sebelum makan, memberikan pemahaman dan penjelasan kepada anak-anak tentang ajaran agama yang dianut. Pada aspek menanamkan karakter jujur, peduli, sopan, hormat, sportif dengan memberikan cerita yang memotivasi serta memberikan contoh kepada peserta didik. Pada aspek menanamkan sikap menjaga kebersihan diri dan lingkungan yaitu mengajarkan anak mencuci tangan, berpakaian rapi dan bersih, tidak boleh berkuku panjang serta tidak membuang sampah sembarangan. Strategi yang dilakukan guru dalam mengenalkan hari besar agama pada anak seperti ikut merayakan dan melakukan lomba tentang hari-hari besar keagamaan. Dalam menanamkan sikap toleransi pada peserta didik upaya yang dilakukan guru dengan mengajarkan anak berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, menceritakan dan memberikan bimbingan kepada anak-anak.
PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU HURUF BERGAMBARUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI DI TK TUNAS JAYA Sri Susanti; Waridah Waridah; Kartini Kartini
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.924 KB) | DOI: 10.46368/.v1i1.466

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini menggunakan metode bermain kartu huruf bergambar di TK Tunas Jaya. Subjek pada penelitian ini yaitu 24 anak yang terdiri dari 12 orang anak perempuan dan 12 orang anak laki-laki.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yakni Siklus I dan siklus II. Objek pada penelitian ini adalah metode bermain kartu huruf bergambar. Kemudian teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan dokumentasi yang dapat dinilai dengan mencari persentase yang diperoleh dari lembar observasi.Kemampuan mengenal huruf anak meningkat setelah diterapkan metode bermain kartu huruf bergambar, dapat dilihat pada siklus I mencapai 27.08% dan pencapaian pada siklus II mencapai 87.50%. Sehingga adanya peningkatan rata-rata dari siklus I ke II yaitu sebesar 60.42%.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD PERMATA SEGILIK KECAMATAN SAYAN Citra Lestari; Kurnia Dyah Anggorowati; Kartini Kartini
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.095 KB) | DOI: 10.46368/mkjpaud.v1i2.802

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran melipat kertas pada keterampilan motorik halus, untuk mengetahui keterampilan motorik halus dengan melalui kegiatan melipat kertas, di PAUD Permata Segilik Kecamatan Sayan tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di PAUD Permata Segilik tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 6 anak. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif antara peneliti dengan guru kelas.Metode  penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) instrument penelitian yang digunakan yaitu bentuk instrument non tes yang digunakan adalah lembar observasi digunakan sebagai pedoman untuk melaksanakan pengamatan di dalam kelas, teknik analisis data yang digunakan menggunakan deskriptik kualitatif. Data yang diperoleh skor perolehan dengan menggunakan lembar observasi kegiatam keterampilan motorik halus muncul pada saat proses kegiatan melipat anak sesuai pernyataan dari setiap indicator-indikator perkembangan motorik halus dan dokumentasi berupa foto saat kegiatan belajar dan bermain. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I memperoleh nilai 24,99% dan pada siklus II terdapat peningkatan keterampilan motorik halus pada anak memperoreh 74,99% oleh karena itu, Keterampilan motorik halus anak sudah meningkat pada kreterian Berkembang Sangat Baik. Keterampilan motorik halus di PAUD Permata Segilik  meningkat.
ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DENGAN BERMAIN LARI KRAYON DI PAUD MUTIARA HATI KELAKIK Wewenti Wewenti; Suyatmin Suyatmin; Kartini Kartini
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.674 KB) | DOI: 10.46368/mkjpaud.v1i2.797

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kognitif anak yaitu,kemampuan mengenal bentuk warna dengan kegiatan bermain lari krayon. Selain itu tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui tahapan analisis perkembangan kognitif, dengan metode bermain diPAUD Mutiara Hati Kelakik.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan pendekatandeskriftif. Jenis peneliti studi kasus di mana, menguraikan suatu masalah. Sedangkan subjek penelitianini adalah siswa PAUD Mutiara Hati Kelakik. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaituobservasi, angket dan dokumentasi.Hasil dari kegiatan yang telah dilaksanakan selama penelitian bahwa perkembangan kognitif anakdapat bertumbuh dengan baik, secara bertahap. Pertama, siswa belajar dengan memilih warna. Keduamampu menunjukkan nama warna yang dimaksud. Ketiga dapat menyebutkan nama warna.Kesimpulan bahwa perkembangan kognitif anak di PAUD Mutiara Hati Kelakik, dapat berrtumbuhdengan baik melalui kegiatan bermain lari krayon.
PENGARUH RAGAM HIAS GEOMETRI TERHADAP KECERDASAN VISUAL ANAK DI PAUD PERMATA SEGILIK KECAMATAN SAYAN Ratna Juwita; Waridah Waridah; Nur Sulistyo Mutaqin
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.112 KB) | DOI: 10.46368/mkjpaud.v2i1.735

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi karena ingin melihat: (1) Bagaimana perkembangan hasil kecerdasan visual sebelum menggunakan ragam hias geometri pada anak usia 5-6 tahun, (2) Bagaimana perkembangan hasil kecerdasan visual setelah menggunakan ragam hias geometri pada anak usia 5-6 tahun, (3) Apakah penggunaan ragam hias geometri berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kecerdasan visual anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental menggunakan pendekatan one group pretest-posttest design, subjek penelitian adalah di PAUD Permata Segilik Kecamatan Sayan pada kelas B usia 5-6 tahun yang berjumlah 18 siswa, siswa laki-laki 8 orang dan siswa perempuan berjumlah 10 orang. Sedangkan objek dalam penelitian adalah pengaruh ragam hias geometri terhadap kecerdasan visual. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah obsevasi,wawancara, dokumentasi, teknik analisis data digunakan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ragam hias geometri berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan visual anak di PAUD Permata Segilik Kecamatan Sayan. Pengaruh kecerdasan visual dilihat dari hasil uji hipotesi yaitu uji-t pada Paired Samples Statistics, dari 18 responden nilai siswa pada pretest yaitu 54,17 sedangkan nilai posttest yaitu 89,17, dengan standar deviasi pada pretest 3,092 dan posttest 3,930. Diketahui Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode ragam hias geometri terhadap kecerdasan visual anak.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI PADA KELAS B DI PAUD MUTIARA HATI Rizki Maulidya; Waridah Waridah; Asep Eka Nugraha
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.414 KB) | DOI: 10.46368/.v1i1.467

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan melipat kertas origami pada kelas B di PAUD Mutiara Hati. Mengacu pada desain model Kemmis Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terbagi menjadi 4 langkah, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas B di PAUD Mutiara Hati yang berjumlah 6 siswa dengan rincian 4 orang siswa laki-laki dan 2 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non-tes dengan menggunakan lembar observasi keterampilan motorik halus anak serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran RPPH. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil lembar observasi perencanaaan pembelajaran pada siklus 1 sebesar 47,36, perencanaaan pembelajaran pada siklus II sebesar 65,13, memperoleh peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,77. Kemudian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 69.56, pelaksanaan pembelajaran pada siklus II sebesar 85,86 memperoleh peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 16,3. Kemudian rata-rata hasil keterampilan motorik halus anak pada siklus I sebesar 56,66, pada siklus II menjadi 87,33, mengalami peningkatan sebesar 30,67. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa menggunakan kegiatan melipat kertas origami dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak.

Page 1 of 4 | Total Record : 31