JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 4 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Hubungan Religiusitas dan Dukungan Sosial Peer-Group dengan Kesejahteraan Subjektif pada Siswa SMA Swasta Al-Ulum Terpadu Medan

Khairunisa, Yunita (Unknown)
Hasannuddin, Hasannuddin (Unknown)
Khairina, Khairina (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan religiusitas, dukungan sosial peer-group dengan kesejahteraan subjektif siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi sebanyak 86 dan sampel berjumlah 86 siswa dengan teknik total sampling. Ada hubungan positif dan signifikan antara religiusitas dan kesejahteraan subjektif dengan nilai koefisien (rxy) = 0,646 dengan p = 0,000 < 0,050 dengan sumbangan religiusitas terhadap kesejahteraan subjektif siswa sebesar 35,2%. Pada variabel dukungan sosial peer-group dan variabel kesejahteraan subjektif juga mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai koefisien (rxy) = 0,519 dengan p = 0,000 < 0,050, sumbangan dukungan sosial peer-group terhadap kesejahteraan subjektif siswa sebesar 45,3%. Selanjutnya, secara bersamaan variabel religiusitas dan dukungan sosial peer-group memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kesejahteraan subjektif dengan nilai koefisien (rxy) = 0,578 dengan p = 0,000 < 0,050, dengan sumbangan religiusitas dan dukungan sosial peer-group terhadap kesejahteraan subjektif sebesar 54,6%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...