JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 4 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Komunikasi Politik Kepala Desa dalam Konflik Agraria (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Politik Kepala Desa Cipanjalu Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung dalam Konflik Agraria Lokal)

Asmarani, Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Komunikasi Politik Kepala Desa Cipajalu dalam konflik agraria di wilayahnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Fokus penelitian ini ialah Komunikasi politik yang diterapkan oleh Kepala Desa Cipanjalu. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi politik yang disampaikan oleh Kepala Desa Cipanjalu, adalah secara persuasif berupa penyampaian pesan-pesan secara langsung, melakukan pendekatan secara personal, serta dengan lebih terbuka terhadap masyarakat baik dalam menyampaikan keluhan masyarakat maupun sekedar kritik dan saran. Kedua ialah penggunaan media sebagai alat dalam penyampaian komunikasi politik berupa penyampaian dari mulut ke mulut melalui Karang Taruna, LPMD, dan BPD yang ada di Desa Cipanjalu, serta yang terakhir dengan loby-loby politik dan negosiasi dengan pihak-pihak yang terkait dalam konflik agraria yaitu pihak Perum Perhutani dan PTPN VIII. Salah satu factor pendukung komunikasi politik tersebut di atas adalah kondisi financial Kades yang baik dan Kepala Desa Cipanjalu mampu membaca situasi dan kondisi masyarakat serta pihak-pihak lain yang berkepentingan terhadap sumber-sumber agraria Desa Cipanjalu. Komunikasi politik yang disampaikan tepat pada sasaran sehingga mampu menyelesaikan konflik agraria serta mampu mensejahterakan masyarakat desa. Factor penghambatnya adalah terbatasnya akses informasi dan pengetahuan bagi rakyat desa Cipanjalu sehingga berakibat pada terbatasnya masyarakat terdidik secara social politik khususnya dalam konteks kasus-kasus agraria.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...