QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies
Vol. 1 No. 1 (2022): QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies, September 2022

Perkawinan Beda Organisasi dan Implikasi Dalam Keharmonisan Rumah Tangga, (Studi Kasus Keluarga Nahdlatul Ulama’ dan Muhammadiyah)

Rina Lutfiyah (Universitas Ibnu Chaldun)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan Islam mengenai pernikahan beda organisasi Islam yaitu antara penganut Nahdlatul Ulama’ dan Muhammadiyah, bagaimanakah pandangan hukum Islam mengenai pernikahan tersebut, apakah perbedaan tersebut berimplikasi terhadap keharmonisan dalam rumah tangga, faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi keharmonisan rumah tangga, dan adakah pengaruh atau dampak yang disebabkan perbedaan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik pendekatan deskriptif, jadi penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan jawaban dalam keharmonisan keluarga yang dibina dengan latar belakang organisasi islam yang berbeda. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam (in-depth interview). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hukum Islam memandang perkawinan beda organisasi islam NU dan Muhammadiyah adalah boleh. Faktor-Faktor yang mempengaruhi keharmonisan rumah tangga beda organisasi islam khususnya NU dan Muhammadiyah adalah komunikasi interpersonal, pendidikan atau pegetahuan anggota keluarga, lingkungan masyarakat, saudara, dan perekonomian keluarga. Dalam hal keharmonisan rumah tangga, pengaruh positif yang dihasilkan adalah menumbuhkan kedewasaan, saling menghormati perbedaaan, dan menumbuhkan semangat untuk memahami. Meski demikian, pengaruh negatif seperti timbulnya konflik, tumbuhnya kebimbangan, dan sulit mencari figur juga turut menjadi dampak negatifnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

qanun

Publisher

Subject

Religion Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies (E-ISSN 2964-4690) is a high-quality, open-access peer-reviewed international journal published two times a year (March, September) by Asian Publisher. QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies focusing on historical, comparative, and legal and societal ...