JURNAL KOMUNITAS SAINS MANAJEMEN
Vol. 1 No. 3 (2022): JURNAL KOMUNITAS SAINS MANAJEMEN

Efek Gaya Kepemimpinan Pelayanan terhadap Kepuasan Kerja dengan Organizational Citizenship Behavior sebagai Mediasi

Nuraini (Universitas Lancang Kuning)
Ririn Handayani (Universitas Lancang Kuning)
Helwen Heri (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Dewan Provinsi Riau dengan tujuan menguji peranan organizational citizenship behavior dalam memediasi efek gaya kepemimpinan melayani terhadap kepuasan kerja pegawai. Populasi penelitian berjumlah 196 pegawai. Adapun besar sampel penelitian, penulis menggunakan tabel dari Krejcie & Morgan, 1970 sebesar 132 yang diambil menggunakan systematic sampling. Analisa data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan analisis verifikatif, sebagai alat analisis digunakan Sctruktural Equational Model yang diproses dengan Software SmartPLS2. Hasil analisis membuktikan bahwa pada Sekretariat Dewan Provinsi Riau, semakin efektif kepemimpinan yang melayani, maka cenderung dapat meningkatkan kepuasan kerja; dan semakin good citizenship perilaku pimpinan, yang disebabkan oleh kepemimpinan pelayanan, dapat meningkatkan kepuasan kerja pegawai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

The journal will focus on research and theory in all topics associated with organizational studies within and across the individual, group, and organizational levels of analysis, including: At the individual level, such as personality, perception, beliefs, attitudes, values, motivation, career ...