HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2023): Histogram

Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa

Egry Lisyendri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rusydi Ananda (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena adanya suatu kondisi dimana belum adanya implementasi kemampuan literasi matematika pada siswa, dimana siswa cenderung kesulitan dalam mengidentifikasi atau menetapkan permasalahan, strategi penyelesaian, dan operasi hitung yang akan digunakan pada soal berbentuk cerita kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII MTsPN 4 Medan. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis eksperimen dengan desain Post-test Only Control Design. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan literasi matematika siswa berupa soal uraian. Uji normalitas, homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan uji-t adalah digunakan sebagai bagian dari pendekatan analisis data penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sig. (2-tailed), dimana hasilnya 0,000 yakni < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan yang signifikan pada model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

histogram

Publisher

Subject

Education

Description

HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September dengan proses peer-review dan open access. Memiliki p-ISSN: 2549-6700 dan e-ISSN:2549-6719 , diterbitkan oleh Program Studi pendidikan matematika STKIP Andi Mattappa Pangkep. HISTOGRAM Berisi ...