NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 8, No 3 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

E-LEARNING SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN IPS DALAM TANTANGAN DAN PELUANG DI ERA COVID-19

Andes Fuady Dharma Harahap (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2021

Abstract

Pesatnya perkembangan zaman, teknologi sendiri sudah seharusnya diikuti dengan suatu perubahan dalam bidang pembelajaran. Dimana paenerapan teknologi informasi sendiri dalam pembelajaran dikenal dengan E-Learning, salah satu mata pelajaran yang membutuhkan suatu inovasi dengan E-Learning adalah IPS. E-Learning dalam pembelajaran IPS bisa dikatakan suatu inovasi karena memenuhi syarat inovasi yaitu baru, kualitatif dan mempunyai tujuan. Baru dan kualitatif artinya pembelajaran IPS terpadu berbasis TIK memberikan khasanah baru dalam proses pembelajaran IPS yang selama ini bersifat konvensional. Sebelumnya proses pembelajaran IPS banyak bersumber pada dari teks-teks, buku pelajaran, dan media cetak, namun dengan adanya berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi sumber pembelajaran IPS menjadi luas dan terinci. Adanya peritiwa-peritiwa yang ada di daerah begitu mudah dan cepat diterima oleh peserta didik. Tujuan model pembelajaran IPS berbasis TIK mempunyai suatu tujuan sendiri untuk menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung dan mempercepat memperoleh pendidikan dan memperbaiki kualitas pendidikan. Hal tersebut sesuai dengan tujuan teknologi dalam pembelajaran adalah untuk memecahkan masalah dan memfasilitasi kegiatan pembelajaran siswa. Selain itu juga adanya Covid-19 atau sering disebut dengan virus corona, sehingga adanya virus corona tersebut pembelajaran dilakukan secara daring atau online. Munculnya covid-19 menjadikan dan mengubah model pembelajaran dengan system online dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang mendukung dan contohnya guru sendiri dalam menanamkan pembelajaran daring mengguanakan aplikasi google, classroom, google meet dan E-Learning. Adapun contoh penerapan E-Learning dalam pembelajaran IPS adalah penggunaan situs-situs/web yang mampu mendukung tercapainya tujuan pembelajaran seperti situs khake (http://www.khake.com), situs wordl history compass dan situs scicental. Selain itu juga guru dapat menggunakan aplikasi-aplikasi yang mampu mendukung kegiatan mengajar menjadi lebih menarik seperti aplikasi freemind , photo story, dan sebagainya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...