JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Analisis Kegiatan Modul Nusantara dalam Meningkatkan Rasa Toleransi Kebudayaan pada Mahasiswa PMM Inbound UKI

Jojor Silalahi (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Bangun Munthe (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Eka Putri Saptari Wulan (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Khatarina Napitupulu (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Wina Gratia Tambunan (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Rina Anggriani Lumban Raja (Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Diantara mata kuliah wajib mahasiswa yang ikut program pertukaran mahasiswa ialah Modul Nusantara. Modul Nusantara merupakan seruntutan aktivitas yang berfokus kepada membentuk pemahaman komprehensif serta memiliki tujuan dalam memperkenalkan kekayaan budaya Nusantara dari beragam hal. Tujuan penelitian ini ialah guna memahami bagaimana Mata Kuliah Modul Nusantara memiliki kontribusi di penaikan sikap toleransi budaya mahasiswa. Subjek penelitian ini ialah mahasiswa inbound di Program Pertukaran Mahasiswa Meredeka di Universitas HKBP Nommensen Medan tahun 2023. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif. Pengumpulan data memakai wawancara, dokumentasi serta observasi. Hasil penelitian memperlihatkan jika mata kuliah Modul Nusantara mempunyai kontribusi dalam menaikkan sikap toleransi budaya mahasiswa inbound lewat : sikap menghormati serta menghargai budaya orang lain, tidak memiliki sikap meninggikan / merendahkan satu suku dari suku yang lainny, tak melakukan diskriminasi, menganggap seluruh suku saudara dan diperlakukan sama rata.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...