Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui metode pembelajaran explicit instruction di kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Bukit Ranah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 13 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan degan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode explicit instruction dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes pemahaman konsep peserta didk sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 55,76 dengan ketegori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 71,92 dengan kategori cukup. Dan meningkat pada siklus II menjadi 85 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode explicit instruction daat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Bukit Ranah. Kata Kunci : Metode Explicit Instruction, Pemahaman Konsep, dan Sekolah Dasar.
Copyrights © 2023