Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)

Konkretisasi Komponen Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus Dalam Mengakomodir Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa

Yesika Novita Rahmi (UIN Sunan Kalijaga)
Sukiman Sukiman (UIN Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2023

Abstract

Tujuan utama artikel ini adalah untuk menceritakan bagaimana Kurikulum Pendidikan Luar Biasa 2013 diimplementasikan dalam rangka mendukung Siswa Pendidikan Luar Biasa di SLB Insan Mulia Payakumbuh. Teknologi deskriptif sedang digunakan, dan diharapkan dapat menggambarkan situasi yang tidak stabil. Hasil analisis, terlihat bahwa siswa berkebutuhan khusus sejalan dengan kurikulum pendidikan khusus tahun 2013. Tujuan pertama adalah setelah memberikan tes berdasarkan penilaian, seorang pendidik yang bertindak sebagai individu akan menjelaskan tujuan pengajaran yang dipimpin siswa. Penyusunan tes berbasis penilaian untuk mengukur kemampuan dasar siswa berkebutuhan khusus pada kedua aspek materi tersebut. Keempat pilar strategis tersebut didemonstrasikan oleh guru dengan memberikan RPP kepada setiap karyawan dan mendiskusikannya secara tertutup. Sebagaimana disampaikan KKM, evaluasi dilakukan dengan pertimbangan yang sama terhadap pandangan masing-masing peserta terhadap kapasitas yang tersedia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...