Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 6, No 1 (2023): Maret

Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar

Yeni dwi Kurino (unIVERSITAS PENDIIDKAN INDONESIA UNIVERSITAS MAJALENGKA)
tatang Herman (universitas pendiikan indonesia)
Turmudi Turmudi (Unknown)
Alman alman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Wangkelang tahun pelajaran 2022/2023 dengan model  discovery learning. metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif tipe kuasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Menggunakan dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan membandingkan keduanya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Wangkelang yang berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan mean skor terhadap hasil belajar Matematika diperoleh mean hasil posttest kelas eksperimen adalah sebesar 55,60 dan mean hasil posttest kelas kontrol adalah sebesar 44,90 maka terlihat perbedaan sebesar 10,7. Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis menggunakan paired sample t-test dengan tarafsig. 0,05 yaitu sebesar p= 0,000 < 0,05 = α sehingga H0 ditolak. Hasil analisis dengan menggunakan uji independet sample t-test dengan taraf sig. 0,05 yaitu sebesar p= ,0008 < 0,05 = α sehingga Ha ditolak. Artinya terdapat perbedaan pada hasil postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemecahana masalah Matematika dengan menggunakan model discovery learning. Dengan demikian disimpulkan terdapat pengaruh perbedaan model discovery learning terhadap pemecahana masalah Matematika siswa.Kata Kunci          : Model Discovery Learning; pemecahana masalah; MatematikaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Wangkelang tahun pelajaran 2022/2023 dengan model  discovery learning. metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif tipe kuasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Menggunakan dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan membandingkan keduanya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Wangkelang yang berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan mean skor terhadap hasil belajar Matematika diperoleh mean hasil posttest kelas eksperimen adalah sebesar 55,60 dan mean hasil posttest kelas kontrol adalah sebesar 44,90 maka terlihat perbedaan sebesar 10,7. Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis menggunakan paired sample t-test dengan tarafsig. 0,05 yaitu sebesar p= 0,000 < 0,05 = α sehingga H0 ditolak. Hasil analisis dengan menggunakan uji independet sample t-test dengan taraf sig. 0,05 yaitu sebesar p= ,0008 < 0,05 = α sehingga Ha ditolak. Artinya terdapat perbedaan pada hasil postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemecahana masalah Matematika dengan menggunakan model discovery learning. Dengan demikian disimpulkan terdapat pengaruh perbedaan model discovery learning terhadap pemecahana masalah Matematika siswa.Kata Kunci          : Model Discovery Learning; pemecahana masalah; Matematika

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...