VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 14, No 1 (2023): APRIL

ANALISIS PENGARUH PROGRAM MAGANG DAN EFIKASI DIRITERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK

Fera Kristina (Universitas Kristen Satya Wacana)
Destri Sambara Sitorus (Universitas Kristen Satya Wacana)
Arief Sadjiarto (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

ABSTRAKKompetensi pedagogik diperlukan oleh calon pendidik sebagai dasar dalam menjalankan proses pembelajaran yang bermutu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik mahasiswa FKIP UKSW Salatiga melalui program magang dan efikasi diri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 292 mahasiswa FKIP UKSW dengan penentuan sampel sebanyak 88 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner melalui google form. Hasil penelitian ini secara parsial nilai signifikansi variabel program magang (X1) sebesar 0,013 < 0,05 dan nilai signifikansi variabel (X2) sebesar 0,000 < 0,05. Secara simultan nilai signifikansi variabel X1 dan X2 adalah 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa baik secara parsial maupum simultan program magang dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik di kalangan  mahasiswa FKIP UKSW Salatiga. Saran yang penulis berikan adalah agar mahahsiswa dapat mempraktikkan dan menghayati proses belajar mengajar selama pelaksanaan program magang serta menambah rasa percaya diri sehingga terbangun kompetensi pedagogic yang baik dalam diri setiap mahasiswa. kata Kunci: Kompetensi pedagogik, program magang, efikasi diriABSTRACTPedagogic competence is needed by prospective educators as a basis for darrying out a quality learning process. The purpose of this study was to determine the pedagogic competence among SWCU Salatiga FKIP students through internship and self-efficacy programs. This type of research is quantitative. The population in this study were 292 SWCU FKIP students with a sample determination of 88 students. The data collection technique ised in this research is to use questionnaire given via google form.. The results of this study are partially the significant value of the internship program variable (X1) is 0.013 <0.05 and the value of the self-efficacy variable (X2) is 0.000 <0.05. Simultaneously the significant value of the variables X1 and X2 is 0.000 < 0.05. It can be concluded that either partially or simultaneously the internship program and self-efficacy have a positive and significant impact on pedagogic competence among SWCU FKIP Salatiga students. The advice that the author gives is so that students can practice and live up to the teaching and learning process during the implementation of the internship program and increase self-confidence so that good pedagogic competence is built in each student.Keywords; Pedagogic competence, internship program, self efficacy

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...