cover
Contact Name
anyan
Contact Email
anyanright@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalvoxedukasi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
ISSN : 20864450     EISSN : 25801058     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah publikasi di media cetak maupun elektronik. Ruang lingkup bahasan meliputi: - Pendidikan dan Pengajaran - Metode/Model/Strategi Pembelajaran - Teori Pembelajaran - Penelitian Tindakan Kelas (PTK) - Evaluasi dan Hasil Belajar - Media Pembelajaran Interaktif - e-Learning - Multimedia Pendidikan - Bahan ajar - Kurikulum - Rencana Pembelajaran VOX EDUKASI terbit 2 kali per tahun pada bulan April dan Nopember.
Arjuna Subject : -
Articles 212 Documents
ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI MAHASISWA CALON GURU Anita - anita; Syarif Lukam Hakim Assagaf
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 10, No 1 (2019): APRIL
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.444 KB) | DOI: 10.31932/ve.v10i1.259

Abstract

Kemampuan metakognisi merupakan kesadaran yang dimiliki siswa untuk mendapatkan pengetahuan secara mandiri dan menemukan solusi dari permaslahan yang ditemukan. Salah satu proses pembelajaran yang dapat melatih kemampuan metakognisi siswa adalah pada proses pratikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang kemapuan metakognisi mahasiswa IKIP PGRI Pontianak pada pratikum elektronika dasar pada materi rangkaian seri dan rangkaian paralel. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpul data berupa teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa. Angket yang digunakan disusun berdasarkan indikator metakognisi dan telah divalidasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV yang sedang mengambil mata kuliah pratikum elektronika dasar tahun ajaran 2017/2018.  Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh bahwa kemampuan metakognisi mahasiswa secara keseluruhan tergolong sangat baik dengan rata-rata nilai sebesar 84.16%.Kata Kunci:elektronika dasar, kemampuan metakognisi, pratikum
PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SE-KOTA SINTANG Fatkhan Amirul Huda; Munawar Thoharuddin; Avelius Dominggus Sore
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 10, No 1 (2019): APRIL
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.382 KB) | DOI: 10.31932/ve.v10i1.326

Abstract

Era persaingan global ditandai dengan persaingan mutu. Upaya mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas ditempuh dengan proses pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengkaji tentang pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap kesiapan kerja siswa smk keahlian teknik komputer dan jaringan se-kota sintang. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian seluruh SMK yang memiliki program keahlian teknik komputer dan jaringan di kota Sintang yang berjumlah 5 Sekolah. jumlah sampel yang digunakan berjumlah 99 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana. Terdapat pengaruh signifikan antara variabel kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap variabel kesiapan kerja. Nilai t hitung negatif hal ini dapat diartikan bahwa dapat diartikan bahwa jika konsisi sosial ekonomi orang tua baik atau berpenghasilan diatas rata-rata orang tua cenderung menginginkan anaknya untuk melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya atau kuliah.
PERBEDAAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN NHT DITINJAU DARI HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 4 SD GUGUS JOKO TINGKIR Natalia Natalia; Firosalia Kristin; Indri Anugraheni
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 10, No 1 (2019): APRIL
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.164 KB) | DOI: 10.31932/ve.v10i1.332

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil belajar IPA kelas 4 SD Gugus Joko Tingkir. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas 4 SD Negeri Tingkir Tengah 01 sebagai kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran STAD dan kelas 4 SD Negeri Tingkir Tengah 02 sebagai kelompok kontrol diberikan perlakuan model pembelajaran NHT. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis dengan instrumen soal pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif, uji prasyarat parametrik dan statistik inferensial yang menggunakan bantuan aplikasi SPSS for Windows Version 22.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai probabilitas signifikansi 0,040 yang artinya lebih kecil dari 0,05 (0,040 < 0,05).  Nilai rerata kelas eksperimen adalah 86,12 dan nilai rerata kelas kontrol adalah 82,36. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan NHT (Numbered Heads Together) SD Gugus Joko Tingkir.
PERANAN DEWAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI I KABUPATEN MELAWI Felix Semaun
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 10, No 1 (2019): APRIL
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.083 KB) | DOI: 10.31932/ve.v10i1.349

Abstract

Penelitian ini bertolak dari  pelaksanaan peran Dewan  Pendidikan meningkatkan kualitas hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Kabupaten Melawi belum optimal. Tujuan umum penelitian adalah mendeskripsikan peranan Dewan Pendidikan meningkatkan kualitas hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Kabupaten Melawi.Tujuan khusus penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) Bentuk pelaksanaan Dewan Pendidikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Kabupaten Melawi. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Dewan Pendidikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Kabupaten Melawi.Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling.Subjek penelitian adalah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Melawi, Kepala Seksi Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Melawi, Dewan Pendidikan Kabupaten Melawi, Kepala sekolah, Ketua Komite, Dewan Guru di Kabupaten Melawi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen, koordinasi antar pihak, dan ketersediaan biaya dapat mengoptimalkan kinerja Dewan Pendidikan di Kabupaten Melawi.Kata Kunci : Peranan Dewan Pendidikan, Kualitas Hasil belajar, Sekolah Menengah Kejuruan. 
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE IMAGINE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK Eti Sunarsih; Shela Fristika
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 10, No 1 (2019): APRIL
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.787 KB) | DOI: 10.31932/ve.v10i1.350

Abstract

Penelitian ini didasari oleh banyaknya nilai menulis siswa di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe imagine karena diharapkan dapat membantu siswa dalam menciptakan ide-ide atau gagasannya untuk menulis.. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerita pendek menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif dan rancangannya adalah penelitian tindakan kelas. Adapun data penelitian ini diambil melalui tes dan nontes. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran pada siklus 1 sebesar 83,33% dan pada siklus 2 sebesar 90,48% mengalami peningkatan sebesar 7,15%. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 sebesar 81,94% dan pada siklus 2 sebesar 88,89% mengalami peningkatan sebesar 6,95%. Hasil menulis cerita pendek siswa pada siklus 1 rata-rata siswa sebesar 74,09% dan pada siklus 2 sebesar 86,33% mengalami peningkatan sebesar 12,24%.  Pada siklus 1 persentase ketuntasan siswa sebesar 71,875% dan pada siklus 2 sebesar 96,875% mengalami peningkatan sebesar 25%. Kata Kunci: menulis, Cerita Pendek, Imagine.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN MELALUI PENDAMPINGAN PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 Heri Bertus
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 10, No 1 (2019): APRIL
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.169 KB) | DOI: 10.31932/ve.v10i1.351

Abstract

Tujuan  penelitian adalah mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik dengan metode pendampingan untuk meningkatkan efektivitas implementasi Kurikulum 2013 meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi akademik dengan metode pendampingan di SMA Negeri 1 Kelam Permai kabupaten Sintang provinsi Kalimantan Barat. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan. Subyek penelitian para guru, objek berupa supervisi akademik metode pendampingan berkolaborasi dengan Kepala Sekolah untuk meningkatkan efektivitas implementasi Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara dan observasi. Analisis data dengan model alur Kemmis dan Taggart yang intinya mengidentifikasi perkembangan dan perkembangan dan perubahan subjek. Kesimpulan penelitian: 1) pelaksanaan supervisi akademik metode pendampingan untuk meningkatkan efektivitas implementasi Kurikulum 2013 dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut: a) kegiatan supervisi akademik dilakukan dalam 2 Siklus, yaitu terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan kegiatan akhir; b) Pada tahap awal persiapan dilakukan konsolidasi antara pengawas sekolah dengan kepala sekolah dan guru inti untuk membahas tentang jadwal kegiatan pendampingan yang akan dilaksanakan; c) Pada tahap pelaksanaan, pengawas melakukan monitoring, konsultasi, penyampaikan informasi, modeling, mentoring, dan coaching yang hendak dilakukan. Perencanaan dilakukan dengan memperhatikan hasil identifikasi permasalahan yang dilakukan serta mempersiapkan perangkat yang diperlukan; dan d) Pada tahap akhir dilakukan penyusunan laporan; dan 2) Penerapan supervisi akademik dengan metode pendampingan dapat meningkatkan efektivitas implementasi Kurikulum 2013. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penilaian pada seluruh aspek implementasi Kurikulum 2013 yang mengalami peningkatan pada setiap siklus tindakan yang dilakukan. Kata Kunci: Supervisi, Akademik, Metode, Pendampingan, Implementasi, Kurikulum 2013.
KORELASI TINDAKAN BULLYING DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR NEGERI 27 PAUH DESA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Nelly Wedyawati; Theodora Dayanti Inapeni Ratu Makin
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 10, No 1 (2019): APRIL
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (750.396 KB) | DOI: 10.31932/ve.v10i1.357

Abstract

Tujuan penelitian yaitu mengetahui hubungan antara tindakan bullying dengan hasil belajar siswa kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri 27 Pauh Desa pada tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Instrumen pengumpul data yaitu angket dan dokumentasi. Data akan dianalisis dengan uji statistik untuk menemukan korelasi diantara dua variabel. Hasil penelitian diperoleh yaitu: (1) tindakan bullying kelas tinggi Sekolah Dasar Negeri 27 Pauh Desa, untuk indikator bullying fisik di kelas IV memperoleh skor persentase sebesar 33,80%, di kelas V memperoleh skor persentase sebesar 32,97% dan di kelas VI memperoleh skor persentase sebesar 35,10%, sedangkan bullying verbal di kelas IV memperoleh skor persentase sebesar 41,26%, di kelas V memperoleh skor persentase sebesar 42,12% dan di kelas VI memperoleh skor persentase sebesar 37,84%. Selanjutnya bullying psikologis di kelas IV memperoleh persentase sebesar 24,93%, di kelas V memperoleh persentase sebesar 24,89%, di kelas VI memperoleh persentase sebesar 27,04%. (2) Rata-rata hasil belajar kelas IV sebesar 67,46, kelas V sebesar 66,33, Kelas VI sebesar 68,06. (3) nilai koefisien korelasi di kelas IV sebesar 0,206, artinya hubungan antar variabel rendah. Nilai koefisien korelasi di kelas V sebesar 0,783, artinya hubungan antar variabel kuat. Nilai koefisien korelasi di kelas VI sebesar 0,552, artinya hubungan antar variabel sedang. (4) nilai uji hipotesis di kelas IV dengan nilai signifikansi F change 0,462> 0,05 yang berarti tidak terdapat korelasi yang signifikan antara tindakan bullying dengan hasil belajar. Nilai uji hipotesis di kelas V dengan nilai signifikansi F change 0,001< 0,05yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara tindakan bullying dengan hasil belajar. Nilai uji hipotesis di kelas VI dengan nilai signifikansi F change 0,033<0,05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara tindakan bullying dengan hasil belajar. (5) koefisien determinan kelas IV nilai R square = 0,042 yang berarti sebesar 0,42% tindakan bullying mempengaruhi hasil belajar, di kelas V nilai R square = 0,614 yang berarti sebesar 61,4% tindakan bullying mempengaruhi hasil belajar dan kelas VI nilai R square = 0,305 yang berarti sebesar 30,5% tindakan bullying mempengaruhi hasil belajar.Kata Kunci: Korelasi, Bullying dan  Hasil belajar.
Kajian Peningkatan Minat Belajar Bahasa Mandarin Dengan Media Lagu merry andriani
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 10, No 2 (2019): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (18.128 KB) | DOI: 10.31932/ve.v10i2.466

Abstract

 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan minat belajar bahasa mandarin di kalangan pelajar Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode membaca dan mengumpulkan data,observasi dan wawancara, dan mempraktekkan langsung di dalam kelas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa belajar bahasa mandarin dengan media lagu sangat mempermudah para kalangan pelajar di Kota Pontianak.  Media lagu Mandarin yang dinyanyikan dengan harapan siswa dapat melatih mulut dan lidahnya serta menjadi termotivasi dalam mengikuti proses belajar. Karena media Lagu merupakan salah satu perwujudan bentuk pernyataan atau pesan yang memiliki daya menggerakkan hati, wawasan, cita rasa dan keindahan yang dapat dikomunikasikan.  Media lagu juga dapat melatih siswa dalam beberapa hal seperti kemampuan mendengar, kemampuan mencatat, kemampuan berkreativitas, serta siswa dapat menanggapi isi dan pesan lagu tersebut. Maka dari itu pemanfaatan media lagu merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar.  Kata Kunci: Media Lagu Bahasa Mandarin,Bahasa Mandarin,Pengajaran,Siswa/pelajar
ANALISIS BAHASA DALAM MANTRA PENGOBATAN SAKIT PERUT SUBSUKU DAYAK DESA KABUPATEN SINTANG Sudarto Sudarto; Adpriyadi Adpriyadi
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 10, No 2 (2019): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31932/ve.v10i2.481

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “Analisis Bahasa Mantra Pengobatan Sakit Perut Subsuku Dayak Desa Ensaid Panjang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis gaya bahasa, makna kata, dan lingkungan pembacaan mantra yang terdapat dalam Mantra Pengobatan  Sakit Perut pada masyarakat Dayak Desa Ensaid Panjang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan pendekatan penelitian kualitatif dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk penelitian struktural semiotik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik perekaman, pengamatan langsung, dan teknik wawancara bebas terarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa yang terdapat dalam mantra pengobatan masyarakat Dayak Desa Ensaid Panjang meliputi: (1) gaya bahasa yang terdapat dalam mantra pengobatan masyarakat Dayak Desa Ensaid Panjang meliputi: (a) gaya bahsa pengulangan Aleterasi dan (b) gaya bahasa pengulangan kiasmus. (2) kata-kata yang terdapat dalam mantra berisikan permohonan agar penyakit yang diderita oleh seseorang dapat tersembuhkan (3) lingkungan pembacaan mantra pengobatan masyarakat Dayak Desa Ensaid Panjang tidak memiliki pantangan-pantangan, dalam melakukan pengobatan boleh kapan saja, hanya menyan yang harus ada dan yang lain boleh tidak ada. Penelitian ini dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan bahasa dan makna dalam sebuah mantra yang tergolong dalam puisi lama. Menjadi bahan pembelajaran terutama pembelajaran sastra khususnya sastra lama, yakni tentang makna, gaya bahasa, dan lingkungan pembacaan mantra yang terdapat dalam sebuah karya sastra Kata Kunci: sastra lisan, suku dayak desa ensaid panjang
ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI PENUNJANG MATA KULIAH KAJIAN FIKSI Saptiana Sulastri
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 10, No 2 (2019): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (57.344 KB) | DOI: 10.31932/ve.v10i2.507

Abstract

  Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar berbasis kearifan lokal sebagai penunjang mata kuliah kajian fiksi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek yang dipilih mahasiswa pada salah satu kelas yang ada di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Instrumen pengumpul data adalah wawancara yang ditujukan kepada dosen dan mahasiswa. Untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar berbasis kearifan lokal sebagai penunjang mata kuliah kajian fiksi menggunakan kualitatif yang diperoleh dari tanggapan dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa terkait dengan kebutuhan bahan ajar berbasis kearifan lokal sebagai penunjang mata kuliah kajian fiksi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kata Kunci: kebutuhan bahan ajar, kajian fiksi,kearifan lokal

Page 1 of 22 | Total Record : 212