Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 9 No. 1 (2023)

Implementasi Standar Penilaian SMP Negeri 1 Cangkuang Kabupaten Bandung

Agus Hermawan (SDN Cijagra 2 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung)
Drajat (Universitas Islam Nusantara Bandung)
Usep Setiawan (STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta)
Hanafiah (Universitas Islam Nusantara Bandung)
Sri Handayani (Universitas Islam Nusantara Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran bagaimana implementasi dari penilaian pendidikan yang disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian yang dijadikan sebagai sumber data adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa yang ada di SMPN I Cangkuang. Metode penelitian menggunakan kuaitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan implementasi standar penilaian yang dilakukan, diketahui implementasi standar proses pada aspek perencanan pembelajaran, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan termasuk dalam kategori sangat efektif. Lebih lanjut diketahui bahwa implementasi standar di sekolah didukung oleh lingkungan kelas yang kondusif, peserta didik kooperatif, dan peran kepala sekolah. Inovasi media pembelajaran, proses memotivasi peserta didik, perolehan informasi baru tentang materi tambahan, dan pengidentifikasian kemampuan peserta didik merupakan faktor yang menghambat pelaksanaan standar proses.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...