Naradidik: Journal of Education & Pedagogy
Vol. 2 No. 1 (2023): Naradidik: Journal of Education & Pedagogy (March 2023)

Strategi Sekolah Mengantisipasi Learning Loss Pasca Pandemi Covid 19 (Studi Kasus: Siswa Kelas XII di SMA Negeri 2 Gunung Talang)

Rio Ananda Saputra (Universitas Negeri Padang)
Reno Fernandes (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi sekolah mengantisipasi learning loss pasca pandemi Covid 19, hal ini menarik untuk diteliti karena selama masa pandemi telah mengakibatkan learning loss terjadi pada kualitas lulusan siswa kelas XII. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan total 10 informan yang terdiri dari pejabat sekolah seperti kepala sekolah, wakil kurikulum, wakil kesiswaan, guru konseling, guru pengajar, dan beberapa siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung ke sekolah SMAN 2 Gunung Talang , wawancara dan melakukan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dari Miles dan Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Penelitian ini dianalisis dengan teori structural fungsional Talcott Parson dengan skema AGIL (adaptation, goal, integrity, and latency). Hasil penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Gunung Talang melakukan beberapa strategi dalam mengantisipasi learning loss pada kualitas lulusan pasca pandemi Covid 19 diantaranya mengobtimalkan kegiatan intrakulikuler, co-kulikuler dan kegiatan intrakulikuler. Diantaranya membuat parenting class, memperbaiki kinerja guru, optimalisasi kurikulum merdeka, pembuatan tim kusus, melibatkan alumni, melaksanakan tambahan belajar dan perbaikan sarana dan prasarana.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nara

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Naradidik: Journal of Education & Pedagogy (ISSN 2827-864X) is a scientific journal managed by the Department of Sociology Laboratories, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Padang. This journal facilitates publications for research related to the discussion of the structure and dynamics ...