E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis
Vol 24, No 1 (2023): April

Penerapan Bauran Promosi pada Radio Lazuar 94.1 FM

Miya Mailla Sofy (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Dexi Triadinda (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Dini Yani (Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2023

Abstract

Media penyiaran, khususnya radio merupakan media yang sangat penting dalam periklanan dan promosi. Perkembangan industri media menyebabkan persaingan yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, radio harus melakukan promosi yang dapat menyampaikan pesan secara efektif dan tepat sasaran agar dapat terus bertahan di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bauran promosi dalam meningkatkan jumlah pengiklan pada Radio Lazuar 94.1 FM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah karyawan Radio Lazuar yaitu Manajer Operasional dan Marketing dan karyawan divisi Content Creator. Pengambilan sumber data menggunakan teknik purposive sampling. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Radio Lazuar menerapkan bauran promosi yaitu (i) periklanan menggunakan media cetak seperti koran, media elektronik seperti website, radio streaming, media sosial, dan media luar ruangan seperti papan nama, (ii) promosi penjualan dengan memberikan promosi berupa bonus, (iii) penjualan personal yaitu melakukan kontak langsung dengan para calon pengiklan/klien, presentasi penjualan, door to door dan follow up database, (iv) pemasaran langsung yaitu komunikasi secara langsung dengan pelanggan yang ada di database melalui email dan telepon, (v) hubungan masyarakat yaitu dengan menjaga hubungan baik dengan berbagai pihak. Kegiatan yang dilakukan seperti bakti sosial, kegiatan sponsorship, dan kegiatan lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

emabis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

E-Mabis menerima artikel hasil riset dari para peneliti baik dosen, mahasiswa maupun praktisi dalam bidang ekonomi, manajemen dan bisnis yang belum pernah diterbitkan pada jurnal lain, artikel dapat berupa hasil kajian teoritis maupun hasil penelitian yang ditulis dalam bahasa Indonesia atau ...