Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) perencanaan digitalisasi sekolah pada sekolah penggerak tingkat SD di Kota Gorontalo, (2) pelaksanaan digitalisasi sekolah pada sekolah penggerak tingkat SD di Kota Gorontalo, (3) pengawasan digitalisasi sekolah pada sekolah penggerak tingkat SD di Kota Gorontalo. Merode penelitian yang digunakan yakni eksplanatori. Teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan penyebaran angket dan wawancara. Ruang lingkup penelitian ini yakni untuk mengetahui sejauhmana pengelolaan digitalisasi sekolah pada sekolah yang melaksanakan Program Sekolah Penggerak tingkat SD di Kota Gorontalo dalam memanfaatkan dan mengembangkan platform digital. Penelitian ini dilakukan di 8 (delapan) Sekolah Dasar di Kota Gorontalo dengan jumlah responden penelitian ada 68 orang yang terdiri dari 60 orang guru dan 8 Kepala Sekolah yang melaksanakan Program Sekolah Penggerak angkatan pertama di Kota Gorontalo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan digitalisasi sekolah pada sekolah penggerak tingkat SD di Kota Gorontalo, terletak pada kategori pencapaian “Sangat Baik” dengan rata-rata sebesar 89,73% (2) pelaksanaan digitalisasi sekolah pada sekolah penggerak tingkat SD di Kota Gorontalo, terletak pada kategori pencapaian “Baik” dengan rata-rata sebesar 86,50% (3) pengawasan digitalisasi sekolah pada sekolah penggerak tingkat SD di Kota Gorontalo, terletak pada kategori pencapaian “Baik” dengan rata-rata sebesar 86,81%.
Copyrights © 2023