LINGUA : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol. 20 No. 1 (2023): Maret

PENGENALAN BAHASA INGGRIS MELALUI LEXICAL CHUNK UNTUK ANAK USIA DINI

pindha kaptiningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini diawali dengan menganalisis kebutuhan materi bahasa inggris guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini Al Azhar Brebes, Bunayya Brebes, dan Pelita Bangsa dan hasil dari analisis menujukkan bahwa para guru sangat membutuhkan materi bahasa Inggris untuk mengenalkan bahasa inggris kepada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat materi Lexical Chunk untuk para guru dalam memperkenalkan bahasa inggris kepada anak usia dini. Lexical Chunk adalah kelompok kata yang ditemukan selalu bersama tetapi tidak menekankan penggunaan grammar. Penelitian ini menggunakan R&D dengan metode analisis deskriptif. Hasil rerata dari kebutuhan materi Lexical Chunk terhadap 30 responden adalah 4,83 (sangat membutuhkan), hasil dari resume latihan terhadapt 30 anak usia dini adalah 4,69 (sangat lancar) dan hasil rerata validasi ahli tentang materi Lexical Chunk adalah 99% materi Lexical Chunk termasuk kategori excellent. Dengan rerata tersebut dapat dikatakan bahwa materi lexical Chunk sangat dibutuhkan oleh para guru dan anak usia dini sangat lancar meniru dan mengulang Lexical Chunk. Dengan kata lain, materi Lexical Chunk efektif digunakan untuk para guru dan anak usia dini. Oleh karena itu, materi Lexical Chunk dapat digunakan untuk para guru dan anak usia dini di tempat lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lingua

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

LINGUA primarily focuses on research on language learning and teaching in context of EFL/ESL, in a variety of levels including school level, university level, institute level, etc. Researches on culture and linguistics are of the secondary interest of LINGUA. LINGUA welcomes papers on teaching and ...