Jurnal Sistem Komputer & Kecerdasan Buatan
Vol. 6 No. 2 (2023): Volume VI - Nomor 2 - Maret 2023

Agile Scrum Model for Development of e-Customer Relationship Management to Support Warehouse Rental Services

Nizam Haqqizar (Universitas Tanri Abeng)
Tri Wahyu Widyaningsih (Universitas Tanri Abeng)
Meta Amalya Dewi (Bina Nusantara University)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Abstract— Penggunaan Customer Relationship Management (CRM) sebagai strategi peningkatan layanan, khususnya bagi perusahaan logistik yang berorien-tasi pada pelanggan untuk memberikan kemudahan kepada tim penjualan dalam mengelola data klien dan aktivitas tim penjualan, karena saat ini tidak ada catatan detail klien dan aktivitas penjualan tim, ditambah in-formasi sarana dan prasarana unit yang terbatas sehingga menyulitkan tim penjualan dalam menawarkan produk. Makalah ini disajikan sebagai analisis kebutuhan pengembangan CRM berbasis web dengan menggunakan pendekatan Scrum. Scum dipilih karena mudah beradap-tasi dengan perubahan. Pembangunan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework YII 1.1, JavaScript, HTML, CSS, dan MySQL sebagai database, template bootstrap digunakan untuk memper-cantik tampilan. Hasil perancangan ZEUS CRM ini dapat memberikan layanan sewa gudang yang mudah kepada klien.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

siskom-kb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Sistem Komputer dan Kecerdasan Buatan (SisKom-KB) adalah salah satu jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh kantor Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Tanri Abeng yang mencakup bidang Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Teknik Elektro dan beberapa bidang ilmu ...