Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penggunaan Model Proyek Belajar Karakter (PBK) dalam Pembelajaran Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP

Amelia Juanda (Universitas Negeri Padang)
Nursaid Nursaid (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model Proyek Belajar Karakter (PBK) dalam pembelajaran menulis teks diskusi dan menganalisis penggunaan proyek belajar karakter dalam meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif-analisis. Adapun populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas IX SMP Negeri 22 Kota Padang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 sampel yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen utama yang digunakan adalah peneliti sendiri. Dalam penelitian ini juga menggunakan angke terbuka sebagai instrumen pendukung yang disebarkan kepada 31 orang sampel. Hasil peneliian ini menunjukkan bahwasannya penggunaan model proyek belajar karakter (PBK) dapat meningkatkan hasil kerja siswa dalam menulis teks diskusi. Peningkatan hasil tersebut dapat dilihat dari penggunaan struktur dan deretan proses yang ada pada teks karya siswa. Selain itu, penggunaan model ini juga dapat meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam melakukan pembelajaran menulis teks diskusi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...