Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kebijakan e-learning, (2) menganalisis implementasi e-learning, (3) menganalisis kendala yang dihadapi dalam implementasi e-learning, (4) menganalisis cara mengatasi hambatan dalam implementasi e-learning. pembelajaran pada program Keahlian Komputer dan Jaringan di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber, yaitu pengecekan data yang diperoleh melalui berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kebijakan e-learning di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo meliputi tiga pilihan kurikulum yang didukung dengan struktur kurikulum yang diterapkan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar melalui pemanfaatan e-learning. teknologi. (2) Penerapan e-learning di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dapat memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran dan guru dapat menyediakan bahan pelajaran secara online yang dapat diakses oleh siswa kapanpun dan dimanapun. (3) Kendala dalam penerapan e-learning di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo meliputi sumber daya manusia, bahan ajar dan sarana prasarana. (4) Untuk mengatasi kendala tersebut dilakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran guru dan siswa, memberikan reward bagi guru yang aktif dan kreatif dalam menggunakan e-learning, memotivasi guru lain dan memberikan pembelajaran mandiri.
Copyrights © 2023