Menara Ilmu
Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 APRIL 2023

Uji Efektivitas Frekuensi Pemberian Poc Air Cucian Beras Dan Kulit Kentang Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Pakcoy (Brassica Chinensis l.)

Afrida Afrida (Program Studi Agroteknologi, Fakultas Partanian, Universitas Ekasakti Padang)
Nafrisa Nafrisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2023

Abstract

Penelitian dalam bentuk percobaan uji efektivitas frekuensi pemberian POC air cucian beras dan kulit kentang terhadap pertumbuhan dan hasil Pakcoy (Brassica chinensis L.). Telah dilaksanakan di lahan percobaan Fakultas Pertanian Universitas Ekasakti Padang. Pelaksanaan percobaan dari bulan Desember 2021 sampai Februari 2022. Tujuan untuk mendapatkan frekuensi yang terbaik dari pemberian POC air cucian beras dan kulit kentang terhadap pertumbuhan dan hasil Pakcoy. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan 5 kelompok, sehingga terdapat 25 satuan percobaan, masing-masing terdiri dari 4 tanaman, sehingga terdapat 100 tanaman. Perlakuan uji frekuensi pemberian POC air cucian beras dan kulit kentang sebagai berikut: A = 1 kali pemberian POC; B = 2 kali pemberian POC; C = 3 kali pemberian POC; D = 4 kali pemberian POC; dan E = 5 kali pemberian POC. Hasil uji frekuensi pemberian POC air cucian beras dan kulit kentang terhadap tanaman Pakcoy memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, panjang daun terpanjang, lebar daun terlebar, dan berat basah pertanaman. Belum didapatkan efektivitas frekuensi pemberian POC air cucian beras dan kulit kentang yang terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman Pakcoy. Disarankan untuk melakukan penelitian lanjut dengan frekuensi pemberian POC air cucian beras dan kulit kentang yang berbeda. Kata kunci : POC, Pertumbuhan, Hasil, Pakcoy.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...