Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara
Vol 6 No 2 (2022): SEPTEMBER 2022

EVALUASI PROGRAM PEMBERDAYAAN PETANI MELALUI MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, DAN PRODUCT)

Yoga Aldi Saputra (Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada)
Mochamad Chazienul Ulum (Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Indonesia)
Achmad Sofiyudin (Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan evaluasi program pemberdayaan bagi petani kopi melalui model CIPP untuk mengetahui seberapa jauh upaya pemberdayaan dilaksanakan dan dirasakan manfaatnya khususnya bagi petani kopi di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis data model Creswell. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan petani kopi di Desa Muncar dilakukan melalui kolaborasi stakehoders. Evaluasi pemberdayaan petani kopi dilakukan secara komprehensif dari hulu hingga hilir dimulai dari proses bertani budidaya, proses pasca panen, dan proses pemasaran. Secara keseluruhan adanya pemberdayaan di Desa Muncar bagi petani kopi telah mampu meningkatkan kesejahteraan petani sehingga terjadi peningkatan pada sumber ekonomi pendapatan keluarga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mediasosian

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JURNAL MEDIASOSIAN (Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara), dengan nomor P-ISSN 2579-342X (cetak) dan E-ISSN 2620-5149 (online) adalah jurnal ilmiah di lingkungan ilmu sosial dan ilmu politik yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kadiri, meliputi bidang ...