Pixel : Jurnal Ilmiah Komputer Grafis
Vol 8, No 1 (2015)

PENGEMBANGAN ALAT BANTU BELAJAR ANATOMI TUBUH PADA HEWAN BERUPA GAME PUZZLE DENGAN METODE USED AND GRATIFICATION UNTUK SISWA KELAS IV SEMESTER I (Studi Kasus : MI Depokharjo Temanggung)

Setiyo Prihatmoko, Nasrulloh , ( Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2015

Abstract

Presentasi yang masih menggunakan alat bantu konvensional dinilai kurang efektif karena mudah diabaikan dan tidak menarik, sehingga murid menjadi tidak fokus memperhatikan. Solusi yang ditawarkan pada penelitian ini Menghasilkan sumber belajar berupa game media pembelajaran dengan metode use and gratification pada materi anatomi tubuh pada hewan untuk Kelas IV semester I SD/MI dalam mengajar sehingga lebih menarik dan terlihat lebih fokus memahami isi materi. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan produk Research and Development (RnD) dengan memakai 6 dari 10 tahap penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan alat bantu belajar anatomi tubuh pada hewan berupa game puzzle dengan metode used and gratification dengan nilai validitas dari ahli media dinyatakan layak dan valid, dan meningkatkan pemahaman dan ketertarikan siswa dari 27% hingga naik menjadi 73%. Kata kunci: Used And Gratification, Game Puzzle, anatomi tubuh pada hewan.

Copyrights © 2015