Tujuan dari penelitian/kajian ini secara umum untuk mengetahui dan membahas tentang kepemimpinan demokratis dalam peningkatan mutu pada sekolah menengah kejuruan. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah metode literatur dengan pendekatan kualitatif dengan sumber data melalui buku dan referensi hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian/kajian ini adalah kepemimpinan demokratis dalam peningkatan mutu pada sekolah menengah kejuruan dapat tercapai dengan dua proses yang harus dilaksanakan, diantaranya adalah proses pengambilan keputusan yang dilakukan kepemimpinan demokratis dalam peningkatan mutu, yakni melalui proses musyawarah untuk mufakat dengan melibatkan seluruh pimpinan dengan analisis SWOT untuk meninjau dari empat sudut yang berbeda yang dilandasi dengan nilai etik yang mengedepankan kejujuran, tanggung jawab, itikad baik, rasa hormat dan kerendahan hati, kerukunan dan toleransi, saling memaafkan, kesabaran dan integritas. Selain itu juga diperlukan kepemimpinan demokratis dalam peningkatan mutu pada sekolah menengah kejuruan yang dilakukan melalui (1) musyawarah, (2) pemberdayaan yang melibatkan persepsi para anggota dengan pendekatan kekuasaan dan pendekatan perilaku, (3) proses pendelegasian, dimana delegasi merupakan pelimpahan wewenang serta (4) tanggung jawab resmi kepada orang lain untuk diterapkan untuk melakukan aktivitas untuk mencapai hasil yang efektif, dimana pimpinan memiliki fungsi sebagai pengontrol dan pengendali sebuah organisasi.
Copyrights © 2023