Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 13 No. 2 (2022): JURNAL GENTA MULIA

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS XI DI SMKN 1 PADANG PANJANG

Fitri Yenti (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Bung Hatta Padang Indonesia)
Pebriyenni (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Bung Hatta Padang Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padang Panjang. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan populasi siswa kelas XI yang terdiri dari 9 kelas (268 Orang Siswa). Rancangan penelitian adalah pretest posttest control group design. Pada design ini terdapat dua kelompok yang terpilih secara random sampling yaitu kelas XI BDP.1 dan kelas XI BDP.2. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 57 orang. Kelas XI BDP 1 merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakukan yaitu pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, dan BDP2 merupakan kelas control dengan pembelajaran konfensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes. Dari hasil tes ini dilakukan pengujian Hipotesis dengan menggunakan uji-t, statistik menunjukkan thitung > ttabel dengan nilai thitung 3,035 dan nilai ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa HI diterima dimana terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padang Panjang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...