Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK

STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING DI SEKOLAH MIN 7 LANGKAT

Kahar Mashuri (STKIP Al Maksum)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2022

Abstract

Riset ini bertujuan buat mengenali Proses, Penerapan serta hasil Nilai perencanaan pelaksanaanstrategi pendidikan IPS lewat Pelaksanaan Model Role Playing dalam tingkatkan prestasi hasil belajar siswakelas VI pada mata pelajaran IPS MIN 7 Langkat yang terletak di Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat,dan hambatan dalam pelaksanaan strategi pendidikan IPS melalui Pelaksanaan Model Role Playing dalamtingkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VI serta berikutnya upaya yang ditempuh buat menanggulangikendala- hambatan dalam mempraktikkan strategi pendidikan IPS melalui Pelaksanaan Model Role Playingdalam tingkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS di MIN 7 Langkat. Ada pulatata cara yang digunakan dalam riset ini ialah riset kualitatif. Metode pengumpualan informasi ialah denganmetode observasi, interview/ wawancara serta dokumentasi.Sebagian tahapan riset ini berbentuk tingkat yangmeliputi perencanaan, penerapan, pengamatan, serta refleksi. Hasil riset meyakinkan kalau strategipendidikan IPS memalui penerapan Model Role Playing bisa tingkatkan prestasi siswa dalam pelajaran IPSkelas VI MIN 7 Langkat. Hasil observasi di lapangan menampilkan kalau dari sesi I, sesi II, serta sesi IIInampak terjalin pergantian yang signifikan pada proses pendidikan IPS. Perihal ini bisa dibuktikan denganpergantian kedatangan ataupun prestasi yang tiap harinya kian bertambah, ditambah siswa lebih aktif sertabergairah dalam proses pembalajaran IPS.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...