G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol. 7 No. 02: April 2023, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

6. Upaya Guru BK Dalam Membina Interaksi Sosial Siswa Pasca Pandemi

Irma Suryani Nasution (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nurussakinah Daulay (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial siswa di MAN 1 Medan pada pasca pandemic. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mengkaji fenomena yang terjadi di lapangan.Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang pakai ialah dengan menggunakan model Miles and Huberman. Uji keabsahan data dalam penelitian ini dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini bahwa interaksi sosial siswa MAN 1 Medan memiliki faktor yang memicu kurangnya interaksi sosial yaitu handphone dan adanya circle pertemanan. Upaya yang dilakukan Guru BK untuk mengatasi interaksi sosial yaitu dengan memberikan layanan bimbingan konseling seperti bimbingan kelompok, konseling individual dan home visit. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ketika Guru BK memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa ternyata memiliki perubahan yang baik dalam berinteraksi sosial di sekolah. Kata kunci: interaksi sosial, upaya  guru bk, hambatan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...