Jurnal Konseling Pendidikan Islam
Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Konseling Pendidikan Islam

PERAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MAHASISWA

Muhammad Fajar Fisdausyi (Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi)
Ari Riswanto (Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 orang mahasiswa Program Studi PPKn Fakultas Sosial Ekonomi Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mengikuti pembelajaran berbasis proyek, sedangkan kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Keterampilan sosial diukur dengan menggunakan skala keterampilan sosial yang valid dan reliabel sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam keterampilan sosial dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pembelajaran berbasis proyek juga membantu siswa untuk berpartisipasi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. Hal ini dapat membantu mahasiswa untuk lebih siap dalam menghadapi tantangan di dunia kerja dan kehidupan sosial.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKPI

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Al Khairat Journal of Islamic Education Counseling (JKPI-Al Khairat) is a scientific journal in the field of Guidance and Counseling in Islamic Education and Education in general which is published regularly twice a year. This journal was published by departmen Islamic Guidance and Counseling at the ...