Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengkaji tentang Bimbingan Belajar Santri dengan metode mueulang untuk meningkatkan kamampuan santri dalam mengkaji kitap kalsik di Dayah Darul Ulum Alue Awe Kota Lhokseumawe, dayah (pondok pasantren) adalah institusi pendidikan keagamaan yang masih mempertahankan tradisi kultural dalam sistem pendidikan keagamaan dalam kirikulum yang masih mempertahankan kajian kitab klasik (kitab gundul, kuning) yang menjadi rujukan keilmuan, penelitian ini ingin meneliti tentang model layanan, kendala dan kelebihan bimbingan belajar yang terdapat dalam metode mueulang di dayah dengan menggunakan metologi penelitian kualitatif desktiptif untuk megkaji fenomena yang terdapat di dalamnya. Hasil penelitian metode mueulang terdapat 2 (dua) model layanan bimbingan belajar yaitu bimbingan individual dan bimbingan kelompok. Suatu bimbingan belajar yang diterapkan tentu ada yang namanya kendala dalam pelaksanaannya, kendala yang terdapat dalampenerapan bimbingan belajar dengan metode mueulang di Dayah Darul Ulum yaitu waktu, partisipasi, dan menejemen, Kelebian yang terdapat dalam pelaksanaanbimbingan belajar metode mueulang dalam meningkatkan prestasi santri di Dayah Darul Ulum dapat menumbuhkan kesukarelaan, keakraban, toleransi, keuletan, dan kekompakan.
Copyrights © 2023