cover
Contact Name
Prima Mytra
Contact Email
mytraprima@gmail.com
Phone
+6285239211417
Journal Mail Official
mimbarjurnal@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sultan Hasanuddin, No. 20, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani
ISSN : 24433217     EISSN : 27163806     DOI : https://doi.org/10.47435/mimbar.v6i1.374
Core Subject : Religion,
Jurnal ini membahas tentang Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Bimbingan konseling pendidikan Islam, Bimbingan konseling mental Islam, Bimbingan konseling karir, Konseling Keluarga sakinah, Bimbingan konseling paska bencana, Penyuluhan NAPZA, Penyuluhan pengaduan, Penyuluhan remaja.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 72 Documents
Konseling Behavior Dengan Teknik Overcorrection Untuk Megurangi Perilaku Membolos Siswa Mulkyan Mulkyan
Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Mimbar
Publisher : Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/mimbar.v5i1.72

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menjelaskan tentang konseling behavior dengan tehnik overcorrection dalam mengurangi perilaku membolos siswa. Adapun sasaran tulisan ini adalah lembaga-lembaga pendidikan, sekolah, guru/tenaga pengajar, para orang tua untuk memberikan pembinaan dalam membentuk perubahan sikap kearah yang dari maladaptif menuju sikap dan perilaku adaptif. Secara ringkas, dari tulisan ini dapat dipahami tentang penerapan konseling behavior dengan tehnik overcorrction, tahapan proses dan tujun dalam mengurangi perilaku membolos siswa yang terdiri dari, pertama: melakukan asesmen (assessment), kedua: menentukan tujuan (goal setting), ketiga: mengimplementasikan teknik (technique implementation), keempat: evauasi mengakhiri konseling (evaluation termination). Dengan adanya tulisan ini diharapkan para guru, orang tua dan umumnya terhadap masyarakat dapat mendampingi anak didiknya agar tidak terjerumus dalam perilaku-perilaku yang tidak dibenarkan baik secara moral dan agama. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelian kepustakaan (library research).
Pendekatan Person-Centered Dalam Menangani Body Shaming Pada Wanita Desi Alawiyah
Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Mimbar
Publisher : Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/mimbar.v5i1.73

Abstract

Menginjak fase pubertas remaja mengalami fase peruahan salah satu perubahan fisik. Beberapa kasus yang dialami oleh remaja berupa kekerasan non veral. Perubahan fisik menjadi bahan ejekan, seperti terlalu tinggi, terlalu pendek, terlalu gemuk, terlalu kurus, berkulit coklat, dan lain sebagainya. Komentar soal tubuh yang dianggap tidak sesuai keyakinan kecantikan dapat membuat seseorang merasa kurang peraya diri. Kemajuan teknologi pada era ini memudahkan individu dalam mengakses informasi dari segala media. Selain memudahkan juga menimbulkan permasalahan perbandingan dari individu satu dengan lainnya. Body shaming seagai salah satu kasus yang mudah sekali terjadi tanpa disadari oleh setiap orang. Body shaming adalah bentuk dari tindakan mengomentari fisik, penampilan, atau citra diri seseorang. Pendekatan person-centered memberikan bantuan berupa meningkatkan kualitas hubungan antara konselor dan klien (conditions for therapeutic change). Konselor membentuk kembali ideal self dan real self dari Individu tersebut.
Definisi Diri Dan Definisi Situasi Remaja Dalam Penjajakan Karier Fitriana Fitriana
Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Mimbar
Publisher : Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/mimbar.v5i1.74

Abstract

Kajian ini didasarkan pada pentingnya definisi diri dan definisi situasi dalam kehidupan manusia. Salah satunya dalam hal perjalaan karir, misalnya sebelum memutuskan untuk menjadi apa, mau kerja apa, siapa sayadan pekerjaan apa yang cocok untuk saya selalu diawali oleh pertimbangan yang ditentukan sendiri oleh pelaku karir yang disebut sebagai definisi diri. Begitu juga dalam mendefinisikan situasi, setiap orang melalui tahap pengujian dan pertimbangan dalam menghadapi setiap situasi sebelum mengambil tindakan yang disebut sebagai definisi situasi.Pada intinya definisi diri dan definisi situasi merupakan hal konkret yang menjadi pertimbangan sendiri ketika orang dihadapkan pada situasi-situsi pilihan untuk berbuat atau tidak. Hal itu tentu saja berperan dalam hal pengambilan keputusan, salah satunya dalam pilihan-pilihan pekerjaan. Fokus dalam kajian ini adalah mengetahui pola definisi diri dan definisi situasi yang berperan dalam membentuk konstruksi pemikiran subjek tentang dunia karier.Adapun subjek dalam penelitian ini adalah subjek tunggal dimana data dianalisis menggunakan unit analisis individual.
Metode Preventif Kuratif Dalam Menangani Penyimpangan Seksual Remaja Perspektif Konseling Islam Surianti Surianti
Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Mimbar
Publisher : Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/mimbar.v5i1.75

Abstract

Penyimpagan seksual yang terjadi pada banyak remaja sekarang ini merupakan gejala yang semakin hari semakin berkembang dan meningkat. Salah satu faktornya adalah budaya barat yang berhasil masuk dan diadopsi oleh anak-anak remaja sekarang ini yang membuat pergaulan mereka semakin bebas dan tidak lagi membatasi dirinya dengan lawan jenisnya. Hal ini perlu segera di tangani, sehingga diperlukan beberapa metode dalam menangani permasalahan tersebut. Dalam tulisan ini dijelaskan beberapa metode dengan pendekatan konseling islami dalam menangani penyimpangan seksual remaja. Beberapa metodenya adalah metode preventif yang bertujuan untuk mencegah agar perilaku penyimpangan seksual tidak terjadi yang dilakukan dengan cara memberikan pengajaran kepada remaja mengenai Pendidikan akhlak dan pembinaan rohaniah. Selanjutnya, metode kuratif yang bertujuan untuk menyembuhkan dari perilaku penyimpangan seksual yang dilakukan remaja yang dapat dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada remaja mengenai Pendidikan seks, memberikan hukuman dan menikah.
Jihad Dan Dakwah Suriati Suriati
Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Mimbar
Publisher : Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/mimbar.v5i1.76

Abstract

Pembahasan dalam tulisan ini bertujuan untuk mengemukakan pentingnya memahami dan meletakkan posisi wacana jihad sebagai suatu diskursus dalam Islam secara tepat, mengingat konsep jihad kerap disalahartikan oleh sebagian umat Islam sebagai pengertian dan konsep yang kaku (ekstrem) sebagaimana pandangan orientalisme. Selain itu pembahasan ini diharapkan dapat menambah khazanah pemahaman umat Islam tentang jihad dalam konsep dakwah pada berbagai dimensi kehidupan masyarakat. Tulisan ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menelaah sumber-sumber otentik tentang jihad dan dakwah. Secara ringkas; (1). Jihad dan dakwah penting diposisikan letaknya pada pemahaman yang dinamis dan tepat berdasar pada konsep normatif (al-qur’an dan sunnah) dan doktrin/ijtihad (aqwa>l al-‘ulama>’). (2). Jihad dan dakwah adalah satu mata rantai dalam pengamalan ajaran Islam dan penegakan amar ma’ruf nahi mungkar, (3). Implikasi dari jihad dalam perspektif dakwah adalah ummat Islam secara internal dan eksternal, masyarakat, bangsa dan negara.
Bentuk-bentukK Penafsiran Rasulullah SAW Firdaus firdaus
Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Mimbar
Publisher : Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/mimbar.v1i1.159

Abstract

Al-Qur'an diturunkan dalam tujuh huruf yaitu tujuh jenis bahasa Arab yang tidak merubah keabsahan makna suatu kalimat, Rasulullah menafsirkan Al-Qur'an dan menjelaskannya kepada para sahabat dengan mengarahkannya penjelasan ayat-ayat yang terkait dengan hukum-hukum tertentu, atau menjelaskan lafzd-lafadz yang jarang ditemukan (garib al-alfadz), Nasikh dan mansukhnya ayat, ayat-ayat yang bersifat global (mujmal), umum, mutlak dan ayat-ayat yang mebutuhkan penuat (ta'kid)
Konseling Spiritual pada Penderita Gangguan Mental di Pondok Pesantren Rehabilitas Salafiyah Syafi'iyah Nasrun Minallah Yogyakarta indra hasan
Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Mimbar
Publisher : Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/mimbar.v6i1.160

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Rehabilitas Salafiyah Syafi’iyah Nasrun Minallah Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nuansa konseling spiritual yang diberikan pada santri pondok pesantren yang mengalami gangguan mental yang sumbernya dari kesurupan, gangguan jin, dan sihir. Adapun metode yang digunakan terkait dengan penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dilapangan untuk melakukan pengamatan terhadap suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian lapangan yang dilaksanakan terdapat bahwa metode dalam menangani seseorang yang mengalami gangguan jin, kesurupan, dan sihir sehingga berdampak pada gangguan mental seorang yaitu melalui terapi ruqyah dengan dzikir dilaksanakan oleh satri pagi dan sore (Al-Ma’tsurat). Terapi ruqyah yang merupakan bagian dari psikoterapi Islam memberi dampak pada kesembuhan dari gangguan mental dan menunjang kualitas spiritual seseorang.
Membangun Dinamika Dan Efektivitas Dakwah Dalam Keluarga (Analisis Awal Dakwah Nabi Muhammad Saw) Firdaus firdaus
Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani Vol 2 No 1 (2016): Jurnal Mimbar
Publisher : Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/mimbar.v2i1.266

Abstract

Abstrak: Aktivitas dakwah merupakan aktivitas yang sering menjadi sorotan dalam berbagai aspek yang melingkupinya seperti dai, media, metode,n materi, dan aspek lainnya. Fenomena dakwah yang semakin marak dengan ragam aktivitas dan media penyampaiaannya tersebut merupakan suatu hal yang patut untuk diapresiasi sebagai perkembangan aktivitas dakwah. Perkembangan aktivitas dakwah di era kontemporer ini diharapkan juga mampu menjadi acuan evaluasi efektivitas dakwah. Mengamati realitas sosial menampakkan perkembangan dakwah berbanding lurus dengan kemaksiatan yang semakin merajalela. Kritik terhadap dakwah terutama terhadap kehidupan dai penting untuk menjadi bahan kajian. Perjalanan kehidupan dai dan keluarga merupakan salah satu indikator penerimaan mad’u terhadap materi dakwah yang disampaikan. Pentingnya dakwah kepada keluarga sebagai langkah awal aktivitas dakwah setelah dakwah kepada diri sendiri merupakan salah satu bentuk metode dakwah Rasulullah saw yang patut untuk diteladani.
Pola Asuh Orang Tua Yang Otoriter Dalam Keluarga (Dampak Perkembangan Perilaku Anak Di Desa Kaloling kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai) Ismail Hasan Ismail
Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Mimbar
Publisher : Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/mimbar.v1i1.267

Abstract

Orang tua merupakan pendidik utama bagi anak-anak mereka, karena dari merekalah anak mulai menerima pendidikan.Dengan demikian bentuk pertama dari pendidikan terdapat dalam kehidupan keluarga. Keluarga adalah tempat pengasuhan alami yang melindungi anak yang baru tumbuh dan merawatnya, serta mengembangkan fisik, akal, dan spiritualitasnya.Dalam naungan keluarga, perasaan cinta, empati, dan solidaritas berpadu dan menyatu. Anak-anak pun akan bertabiat dengan tabiat yang biasa dilekati sepanjang hidupnya.Orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik, mengasuhdan membimbing anak-anaknya untuk mencapai tahapan tertentu yangmenghantarkan anak untuk siap dalam kehidupan bermasyarakat.
Bimbingan Dan Konseling Islam (Aplikasi Terapi Gerakan Shalat dalam Bentuk Gerakan Relaksasi untuk Mengurangi Kecemasan) Ismail Hasan Ismail
Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani Vol 2 No 1 (2016): Jurnal Mimbar
Publisher : Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/mimbar.v2i1.268

Abstract

Tulisan ini untuk menggambarkan penerapan dan pengaruh bimbingan dan konseling melalui terapi relaksasi gerakan shalat untuk mengurangi kecemasan dalam menghadapi ujian. Adapun Kesimpulan tulisan ini adalah sikap rileks dan santai siswa dalam menghadapi ujian merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan. Sikap tersebut tidak menunjukkan adanya kecemasan dalam menghadapi ujian. Perasaan yang tidak menyenangkan ini umumnya menimbulkan gejala-gejala fisiologis dan gejala-gejala psikologis Terapi gerakan shalat dengan menekankan tujuh gerakan inti shalat yang kemudian dieksplor untuk merelaksasi otot kita yakni berdiri tegak, takbiratul ihram, rukuk, i`tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, dan i`tidal dilanjut salam. Hal ini terbukti dengan relaksasi otot melalui terapi gerakan shalat yang diberikan dalam penelitian ini terbukti mampu menghasilkan perubahan yang signifikan terhadap kecemasan.