Pijar Nusatara
Vol 1, No 01 (2015)

PENGUATAN EFEKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI POKOK "LINGKUNGAN TIDAK SEHAT" KELAS I SEMESTER I

Rubianti, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2015

Abstract

Abstrak: Pembelajaran IPA di kelas I semester I diharapkan siswa mampu memahami "Lingkungan Tidak Sehat". Secara khusus tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi pokok "Lingkungan Tidak Sehat" kelas I semester I di SDN Woromarto II Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. (2) Untuk mengetahui apakah pembelajaran IPA materi pokok "Lingkungan Tidak Sehat" kelas I semester I di SDN Woromarto II Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri mengalami peningkatan. (3) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah diadakan penelitian dalam pembelajaran IPA materi pokok "Lingkungan Tidak Sehat" di kelas I semester I di SDN Woromarto II I Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan sebagaimana diuraikan dimuka, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat peningkatan prestasi belajar IPA kelas I semester I SDN Woromarto II Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri, (2) Bahwa ada perbedaan prestasi belajar IPA siswa kelas I semester I SDN Woromarto II Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri setelah dilakukan PTK. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan sebagaimana diuraikan dimuka serta kesimpulan yang telah dipaparkan, maka dapat diberikan saran sebagai berikut: (1) Bagi guru yang bersangkutan, hendaknya dapat melakukan penelitian tindakan untuk meningkatkan kualitas pembalajaran. (2) Bagi lembaga, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan penerangan, bahwa peran media pembelajaran sangat berperan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di lembaganya.   Kata Kunci: Efektivitas, Prestasi, Lingkungan Tidak Sehat.  

Copyrights © 2015