Salatiga merupakan salah satu kota yang memiliki banyak potensi usaha, dapat dilihat dari beberapa faktor seperti banyaknya mahasiswa dari berbagai daerah yang datang untuk berkuliah, hal ini menjadi potensi besar bagi UMKM lokal untuk berkembang dan banyak usaha baru yang berdiri, seperti kuliner, fashion dan otomotif, namun permasalahan yang terjadi yaitu mahasiswa kesulitan mendapatkan informasi terkait lokasi UMKM pada Kota Salatiga Metode Location-Based Services (LBS) merupakan suatu metode yang dirancang untuk membantu promosi produk UMKM di Kota Salatiga yang manfaatkan teknologi GPS untuk menentukan lokasi pengguna sehingga aplikasi dapat menampilkan informasi produk UMKM yang terdekat dengan pengguna. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian RAD (Rapid Application Development) adalah sebuah metodologi pengembangan perangkat lunak yang fokus pada pengembangan prototipe dengan proses pengembangan yang cepat dan terstruktur. Hasil penelitian perancangan aplikasi pencarian UMKM di kota Salatiga menggunakan metode Location- Based Service yang memanfaatkan informasi lokasi pengguna untuk menampilkan daftar UMKM di sekitar pengguna dan informasi lainnya seperti ulasan dan rating dari pengguna lain, memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan dan mampu dengan mudah menemukan dan memilih UMKM yang ada di kota Salatiga.
Copyrights © 2023