ABSTRAK Penerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Kimia Materi Konsep Mol melalui model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas X.2A SMK Migas Teknologi Riau. Metode yang digunakan adalah diskusi dan pendekatan saintifik TPACK. Perolehan data dilakukan dengan teknik observasi dan evaluasi pada setiap akhir siklus dan pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Pada akhir siklus I materi Konsep Mol Kelas X Teknologi Pengeboran Migas SMK Migas Teknologi Riau rata-rata 70, 50% tuntas, dan kedua.Hasil belajar siswa pada tahap ini naik menjadi 85, sehingga memperoleh ketuntasan mencapai 80%, dan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar kimia materi Konsep Mol.
Copyrights © 2023