Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 2, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AK 3 DI SMK NEGERI 4 NEGARA

Ni Komang Dian Estarini (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Negara)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2023

Abstract

Problem Based Learning (PBL) adalah salah satu model pembelajaran berbasis Student Centered Learning (SCL) yang mampu mengasah kemampuan kognitif peserta didik serta mendorong peserta didik untuk berfikir tingkat tinggi dalam penyelesaian masalah. Maka dari itu peserta didik dapat memperoleh manfaat yang baik dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI AK 3 yang berjumlah 15 orang. Data dikumpulkan berdasarkan hasil observasi dan nilai post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan aktivitas siswa, (2) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...