Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VII SMP Negeri Oenino. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Oenino dengan jumlah siswa 18 orang. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dikatakan bahwa penerapan media gambar dalam proses pembelajaran, sangat efektif karena dapat meningkatkan prestasi belajar menulis teks deskripsi pada siswa. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata siswa setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata adalah 66,7, siswa yang tuntas sebanyak 6 orang dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 orang dari 18 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 33,3% dan persentase ketidaktuntasan 66,7%. Sedangkan nilai rata-rata siswa dari siklus II adalah 87, dari 18 siswa semuanya tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II sebesar 19,23 dan kenaikan presentase ketuntasan sebesar 67%.
Copyrights © 2023