JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA AL BIRUNI
Vol 2, No 1 (2013): Oktober 2013

PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap di MA Al Hikmah Way Halim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013)

Latifah, Sri ( IAIN Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2015

Abstract

Abstrak: Pendidikan adalah suatu proses yang mempengaruhi peserta didik agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkunganya dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkannya untuk berfungsi secara adekuat dalam kehidupan masyarakat. Hasil belajar peserta didik kelas X mata pelajaran fisika di MA Al Hikmah Way Halim Bandar Lampung masih relatif rendah. Berdasarkan hasil mid semester dari 100 peserta didik yang berhasil mencapai nilai KKM hanya 31 peserta didik atau 31%. Nilai KKM yang ditetapkan adalah 71. Hal ini disebabkan karena materi yang sulit dipahami tanpa adanya metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode alternatif yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar agar hasil belajar peserta didik meningkat dengan baik pada materi kalor. Metode eksperimen merupakan salah satu metode yang tepat digunakan untuk menyampaikan materi kalor, karena pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen peserta didik dapat membuktikan secara langsung suatu yang dipelajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan Pretest, Posttest Equivalent Group Design. Teknik pengumpulan datanya meliputi : observasi, tes, dan dokumentasi.Penelitian dilaksanakan di MA Al Hikmah Way Halim dengan yang melibatkan dua kelompok peserta didik yang berjumlah 66 peserta didik.Masing-masing kelompok berjumlah 33 orang untuk kelompok eksperimen dan 33 orang untuk kelompok kontrol.Untuk memperoleh data menggunakan post-test.Setelah data dikumpulkan kemudian pengolahanya dilakukan dengan analisis statistik parametris dengan menggunakan uji t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar peserta didik setelah proses pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen adalah baik dengan nilai rata-rata post-test 75,32, sedangkan pembelajaran tanpa menggunakan metode eksperimen adalah kurang dengan nilai rata-rata post-test 69,66. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikasi 0,05 hal ini dapat dilihat dari t hitung> t tabel yaitu 1,846 > 1,659. Jadi H0 ditolak H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik pada pembelajaran menggunakan metode eksperimen dan tanpa menggunakan metode eksperimen. Dengan perkataan lain penggunaan metode eksperimen berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep kalor.Kata kunci: Metode eksperimen, Fisika, dan Hasil belajar.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

AL-BIRUNI

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Physics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni is a medium of communication used by researchers, lecturers, teachers, practitioners, and University student for submitting result of studies and prioritized result of research in the field of theoretical physics, applied physics, and physics learning ...