At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 7, No 1 (2023): At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Perkembangan Sosial Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan Implikasinya Terhadap Perilaku Sosial dalam Pembelajaran

Muhamad Afandi (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Mardiah Astuti (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2023

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan sosial, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan upaya guru dalam mengembangkan perilaku sosial siswa sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI) dalam pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur. Studi literatur digunakan untuk menganalisis kajian-kajian yang berkaitan dengan perkembangan sosial anak SD/MI. Pengumpulan data melalui pemeriksaan kembali data (editing), mengorganisir data yang diperoleh (organizing), dan melakukan analisis lanjutan sehingga ditemukan kesimpulan (finding). Teknik analisis data menggunakan analisis isi untuk menganalisis dan membahas secara mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) Anak usia SD/MI berada pada tahap perkembangan sosial industry versus inferiority (industri vs inferior). Mereka tertarik bagaimana sesuatu diciptakan dan bagaimana sesuatu bekerja. Anak lebih sering ke luar rumah, ke sekolah atau ke rumah tetangga untuk belajar dan bermain serta menjalin hubungan sosial; (2) Perilaku sosial anak dipengaruhi oleh faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Pengaruh lingkungan yang positif akan berdampak baik terhadap perkembangan sosial anak dan begitu pula sebaliknya, pengaruh lingkungan yang negatif akan berdampak tidak baik pada perkembangan sosial anak; (3) Upaya guru dalam mengembangkan perilaku sosial siswa SD/MI dapat dilakukan melalui keteladanan, nasehat, motivasi, pembiasaan, kedisiplinan, kemandirian, pengawasan, pembelajaran kooperatif dan kolaboratif, serta pemberian penghargaan dan sanksi.Abstract: This study aims to determine social development, influencing factors, and teacher efforts in developing social behavior of primary school/madrasah ibtidaiyah (SD/MI) students in learning. This research employed a literature study method to analyze studies related to the research topic. The data were collected through data re-examination, data organization, and data analysis to draw conclusions. A content analysis was done to analyze and discuss the relevant contents. The results of this study revealed that the students were at the stage of social development of industry vs inferiority (industrial vs inferior). They were interested in how things are created and how things work. They often go to school or to neighbors' houses to study and play and establish social relationships. Students' social behavior was influenced by family environment, school environment, and community environment. Then, positive environmental influences will have a good impact on students’ social development and vice versa, while negative environmental influences will have an adverse impact on their social development; (3) The teacher's efforts in developing the students’ social behavior in learning were realized through exemplary, advice, motivation, habituation, discipline, independence, supervision, cooperative and collaborative learning, as well as giving awards and sanctions.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

at-thulab

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

The focus and scope of At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah is: Curriculum Development in Elementary Education (MI/SD), Learning Mathematics, Science, Social Studies, Civics, English, Indonesian, Islamic Education, Art and Local content in Elementary Education (MI/SD), Media and ...