Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 8 No 01 (2023): Ed-Humanistics Vol 8 No 1 Tahun 2023

Kepraktisan dan Efektivitas Media Flashcard Modifikasi pada Materi Interaksi antar Makhluk Hidup Bagi Siswa SMP/MTs

Qurrotul Uyuni (Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang)
Noer Af'idah (Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2023

Abstract

Permasalahan dalam Pendidikan sering terjadi karena proses pembelajaran yang lemah, yaitu kurangnya ketertarikan siswa pada saat proses pembelajaran. Hal tersebut disebabkan karena kebanyakan guru mengarahkan siswa untuk memahami teori saja. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut yaitu adanya media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan media flashcard modifikasi berdasarkan kepraktisan dan efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE yang merupakan singkatan dari analize, design, development, implementation, and evaluation. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMP kelas VII. Data kepraktisan didapatkan dari observasi siswa ketika menggunakan media serta penyebaran angket respon siswa setelah menggunakan media. Kemudian data efektivitas didapatkan dari postest siswa setelah mempelajari materi interaksi antar makhluk hidup dengan manggunakan media flashcard modifikasi. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa media flashcard modifikasi sangat praktis dengan rata-rata skor 93,2% dan sangat efektif dengan skor rata-rata 87,1%. Dengan demikian media pembelajaran ini sangat baik digunakan dalam materi interaksi antar makhluk hidup

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ed-humanistics

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan ...