EKONOMIKA45
Vol. 9 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan

Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk, Dan Merek Terhadap Minat Beli Pakaian di Toko Kimberly

Cia Cai Cen (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, harga produk, kualitas dan merek terhadap minat beli pakaian di toko Kimberly (studi kasus pada Mahasiswa STIE Bina Karya Tebing Tinggi). jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif asosiatif dan menyebar kuesioner melalui sebuah platform google form kepada responden yang dijadikan sampel penelitian ini dan kemudian data diolah dengan menggunakan SPSS (Statisctical Product and Service Solution) version 25.00. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 34 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat uji yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil analisis terhadap hipotesis pertama dapat diketahui bahwa thitung (0,960) < ttabel (2,042), demikian pula dengan nilai signifikansinya sebesar 0,345 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis pertama ditolak, artinya Variabel Gaya Hidup (X1) tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y). Hipotesis kedua dapat diketahui bahwa thitung (2,064) > ttabel (2,042), dan nilai signifikansinya sebesar 0,048 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis kedua diterima, artinya Harga Produk (X2) berpengaruh terhadap Minat Beli (Y). Hipotesis ketiga dapat diketahui bahwa thitung (2,538) > ttabel (2,042), dan nilai signifikansinya sebesar 0,017 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis ketiga diterima, artinya Kualitas (X3) berpengaruh terhadap Minat Beli (Y). Hipotesis keempat dapat diketahui bahwa thitung (-0,094) > ttabel (-2,042), dan nilai signifikansinya sebesar 0,926 > 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis keempat ditolak, artinya Merek (X4) tidak berpengaruh terhadap Minat Beli (Y) dan hipotesis kelima dapat diketahui bahwa Fhitung (9,049) > Ftabel (3,33), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis kelima diterima, artinya Gaya Hidup (X1) dan Harga Produk (X2), Kualitas (X3), Merek (X4) berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap Minat Beli (Y).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ekonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ilmu Manajemen, Ilmu ekonomi, Manajemen Pemasaran, Manajemen Informatika Terapan, Manajemen Bisnis, Manajemen Informatika Terapan, Ekonomi Bisnis, Sistem Informasi Bisnis, Ilmu Komputer ...