Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis wacana kritis pada teks berita di buku Bahasa Indonesia kelas VII berbasis kurikulum merdeka terbitan Kemendikbud Ristek tahun 2021 melalui pendekatan deskriptif kualitatfif dengan menggunakan model analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk meliputi tiga dimensi, yakni dimensi 1) teks (struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro); 2) kognisi sosial; dan 3) konteks sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan teks berita yang dimuat di buku Bahasa Indonesia kelas VII berbasis kurikulum merdeka terbitan Kemendikbud Ristek tahun 2021, tidak hanya sekadar berisi informasi tentang suatu peristiwa atau kejadian yang penting untuk diketahui saja namun lebih dari itu ada alasan tertentu pemelihan teks berita tersebut untuk dijadikan sebagai bahan ajar pada siswa kelas VII. Pemilihan teks berita dengan tema upaya merawat bumi bermaksud untuk mengkritik pemuda yang selama ini kurang mempedulikan kerusakan bumi bahkan malah ikut serta menjadi penyebab rusaknya bumi. Selain itu, melalaui teks berita ini penulis bermaksud menggugah semua pihak, terutama pemuda dalam hal ini siswa sebagai generasi muda agar peduli terhadap kerusakan bumi dengan aksi nyata. Di sisi lain, teks berita yang disajikan melatih siswa untuk berpikir kritis terlebih menghadapi berita palsu (hoax).Kata Kunci: Analisis Wacana Kritis, Model Teun A. Van Dijk, Teks Berita
Copyrights © 2023