IRAMA JURNAL SENI DESAIN DAN PEMBELAJARANNYA
Vol 5, No 1 (2023): IRAMA: JURNAL SENI DESAIN DAN PEMBELAJARANNYA

Komposisi Musik “ASTRA(F)OBIA” sebagai Interpretasi Fobia Petir Karya Gavin Wiyanto (Analisis Komposisi Musik Instrumental untuk Ansambel Gesek)

Novi Purnama Koswara (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2023

Abstract

Astrafobia merupakan salah satu gangguan mental yang membuat pengidapnya merasakan ketakutan yang berlebihan terhadap petir dan kilat. Gavin Wiyanto, seorang komposer muda yang menjalani studi komposisi di Austria mengidap fobia tersebut. Ia menginterpretasikan fobianya ke dalam bentuk komposisi musik untuk format ansambel gesek yang diberi judul ASTRA(F)OBIA, yang diolah dengan menggunakan nada Ab, Eb, B, D, F, Bb, dan A sebagai bahan dasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengolahan elemen-elemen musik dalam komposisi musik kontemporer ASTRA(F)OBIA yang dapat dijadikan sebagai bahan kajian dan referensi bagi komposer maupun akademisi dalam proses penggarapan maupun pengkajian suatu karya musik. Metode analisis konten dilakukan dengan membedah komposisi musik ASTRA(F)OBIA secara parsial melalui audio/video pertunjukan dan partitur dari komposer untuk dapat menggali dan memahami konten dalam komposisi musik tersebut sehingga mendapatkan kesimpulan yang diharapkan. Dalam penelitian ini, penulis mendapatkan beberapa temuan, yaitu dalam komposisi musik ASTRA(F)OBIA terdapat pengolahan harmoni disonan, teknik aleatorik, poly rhythm, dan tekstur homofonik serta polifonik untuk menginterpretasikan ketakutan dan kegelisahan dari sang komposer. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

irama

Publisher

Subject

Arts

Description

IRAMA Jurnal Seni Desain dan Pembelajarannya publishes papers regularly twice times a year issued by the Faculty of Art and Design Education Universitas Pendidkan Indonesia Bandung Indonesia IRAMA Jurnal Seni Desain dan Pembelajarannya provides open access to the public to read abstract and complete ...