Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar biologi pada penerapan strategi think-talk-write pada siswa XI SMA Negeri 11 Denpasar tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Denpasar sebanyak 31 orang siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan lembar observasi selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran biologi pada materi sistem imun menggunakan strategi think-talk-write (TTW) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Denpasar. Pada siklus 1 Rata-rata aktivitas belajar pada materi sistem imun siswa sebesar 56,63% pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II sebesar 85,13% pada kategori sangat baik. Dengan demikian penerapan strategi think-talk-write pada mata pelajaran biologi materi sistem imun dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 11 Denpasar. Kata kunci : Aktivitas belajar, think-talk-write
Copyrights © 2023