Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta
Vol 10 No 1 (2023): An-Nasyr

Ideal Komunikasi Dalam Dimensi: Dimensi Authoritarianism dan Dimensi Libertarianism : (Analisis Hubungannya dengan Teori Kepemimpinan)

Fauzan Fauzan (Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang Dimensi Authoritarianism dan Dimensi Libertarianism dan hubungannya dengan teori kepemimpinan. Ini termasuk kajian library research. Dalam kajian ini ditemukan bahwa Teori kepemimpinan yang mengutamakan kebebasan individu dalam mengambil keputusan dan bertindak, seperti teori kepemimpinan partisipatif (participative leadership) dan teori kepemimpinan servan (servant leadership), dapat dilihat sebagai sejalan dengan prinsip libertarianisme. Teori kepemimpinan partisipatif mengutamakan partisipasi dan keterlibatan anggota tim dalam pengambilan keputusan, sehingga anggota tim merasa memiliki tanggung jawab dan kebanggaan atas hasil yang dicapai. Prinsip ini sejalan dengan prinsip libertarianisme yang menempatkan kebebasan individu dalam mengambil keputusan sebagai hal yang sangat penting. Sementara itu, teori kepemimpinan servan menempatkan perhatian pada kebutuhan dan kepentingan anggota tim, bukan hanya kepentingan pemimpin. Pemimpin sebagai pelayan (servant) yang mengabdi pada kepentingan anggota tim, sehingga anggota tim merasa dihargai dan terlibat aktif dalam proses pengambilan keputusan. Prinsip ini juga sejalan dengan prinsip libertarianisme yang menempatkan kebebasan individu dalam mengambil keputusan dan bertindak sebagai hal yang sangat penting. Secara keseluruhan, prinsip libertarianisme dapat menjadi dasar dalam membangun teori kepemimpinan yang mengutamakan kebebasan individu dalam mengambil keputusan dan bertindak, serta memberikan perhatian pada kebutuhan dan kepentingan anggota tim.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jian

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta yang merupakan jurnal nasional berpenyunting ahli yang terbit dua kali dalam setahun. Jurnal ini telah diterbitkan berbentuk cetak (2355-0147 dengan Nomor SK: 0005.026/Jl.3.2/SK.ISSN/2014.01 Tanggal Januari 2014) dan Versi online (2807-6893)diterbitkan ...