Perkembangan media sosial yang terus berkembang dengan pesat dapat membantu kehidupan manusia dalam berbagai aktivitas. Salah satunya media sosial TikTok yang dikenal sebagai media yang paling banyak digunakan pada masa sekarang, keberadaan TikTok menghadirkan konten-konten yang dapat membuat penonton tertarik melalui halaman FYP (For Your Page). Berangkat dari fenomena tersebut maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena konten #racunshopee dalam platform TikTok pada perilaku konsumtif perempuan kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Menentukan informan penelitian menggunakan teknik Snowball Sampling yang terdiri dari 5 perempuan kota Pekanbaru. Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa khalayak lebih memilih menggunakan TikTok kerena TikTok merupakan media yang sangat update mengenai berita-berita yang sedang terjadi, selain itu bahwa hanya dengan penonton konten #racunshopee sekali dapat membuat teracuni untuk langsung membeli produk, tak hanya itu pendapat lainnya mengatakan bahwa mereka merasa teracuni tapi tidak menimbulkan harsat untuk langsung membeli karena terjadinya pertimbangan terlebih dahulu. Ternyata dari adanya perilaku konsumtif dapat menimbulkan 2 aspek perilaku konsumtif pada informan yaitu implusive dan pembelian berlebihan (boros).
Copyrights © 2023