Journal of International Relations Studies
Volume 9, Nomor 2, Tahun 2023

GASTRODIPLOMASI: STRATEGI INDONESIA DALAM MEMBANGUN NATION BRANDING DI KANCAH INTERNASIONAL

Ashabil Firdaus Al Ghafiqi (Department of International Relations Universitas Diponegoro Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah keadaan dunia internasional yang semakin kompleks telah menyebabkan perlu adanya improvisasi dalamĀ  berdiplomasi antar negara. Salah satu cara yang dewasa ini dapat dilakukan adalah gastrodiplomacy. Sebuah seni diplomasi yang memanfaatkan budaya kuliner negara untuk digunakan sebagai alat peningkatan citra negara (nation branding). Masalah yang muncul : Bagaimana strategi gastrodiplomasi Indonesia dalam membangun nation branding di kancah internasional? Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai potensi kuliner yang dapat dimanfaatkan oleh Negara Indonesia dalam rangka meningkatkan citra negara. Selain itu, untuk menganalisis pengaplikasian strategi nation branding yang dapat dilakukan Indonesia untuk meningkatkan citra negara dengan menggunakan konsep gastrodiplomasi. Upaya menjawab permasalahan dan tujuan penelitian dilakukan dengan menggunakan konsep gastrodiplomasi yang kemudian diperdalam dengan menggunakan konsep nation branding dan selanjutnya dianalisis menggunakan S.W.O.T. Hasil penelitian ini menunjukkan Negara Indonesia telah menjalankan berbagai strategi yang di dalamnya mengandung unsur-unsur dari dimensi nation branding. Gatrodiplomasi sendiri dilaksanakan karena dirasa menjadi strategi yang cocok untuk mengenalkan budaya Bangsa Indonesia ke seluruh dunia. Dalam keberjalanan gastrodiplomasi, Indonesia sudah melakukan berbagai strategi gastrodiplomasi di mana terdapat unsur-unsur nation branding yang terkandung di dalam keberjalanan strategi Indonesia. Disarankan adanya penelitian-penelitian lanjutan mengenai bagaimana strategi-strategi lain dalam meningkatkan nation branding suatu negara dan bagaimana pengaruh dari nation branding itu sendiri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jihi

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of International Relations seeks original manuscripts that provide theoretically informed empirical analyses of issues in international relations, as well as original theoretical or conceptual analyses. The journal represents no particular school or approach, nor is it restricted to any ...