Penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan guna menaikkan hasil belajar pada materi peluang dengan menggunakan contoh pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas XII Mia 1 SMA Negeri 1 Gorontalo Utara. Tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dari proses penelitian dibagi menjadi dua siklus. 33 siswa dan satu orang pengajar dijadikan sebagai subjek penelitian dalam riset ini. Tes prestasi belajar, lembar observasi kinerja siswa, dan lembar observasi kinerja guru ialah alat riset yang digunakan. persentase kinerja pengajar dinilai baik atau sangat baik, meningkat dari 77% menjadi 93%. Selain itu, berdasarkan peningkatan hasil belajar dari 66,24% menjadi 85,45%, bentuk observasi kinerja siswa yang termasuk dalam kategori baik dan sangat baik meningkat dari 64% menjadi 90%. Dengan menggunakan model pembelajaran yang dipilih, setiap aspek pembelajaran memperoleh capaian indikator keberhasilan pembelajaran pada siklus II secara sinkron. Berdasarkan penelitian di atas, penggunaan model pembelajaran Index Card Match memiliki keunggulan dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi peluang.
Copyrights © 2023