Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 8 No. 1 (2023): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XII Mia 1 SMA Negeri 1 Gorontalo Utara Pada Materi Peluang

Adeliya A Usman (Universitas Negeri Gorontalo)
Nurhayati Abbas (Universitas Negeri Gorontalo)
Franky Alfrist Oroh (Universitas Negeri Gorontalo)
Majid Majid (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2023

Abstract

Penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan guna menaikkan hasil belajar pada materi peluang dengan menggunakan contoh pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas XII Mia 1 SMA Negeri 1 Gorontalo Utara. Tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dari proses penelitian dibagi menjadi dua siklus. 33 siswa dan satu orang pengajar dijadikan sebagai subjek penelitian dalam riset ini. Tes prestasi belajar, lembar observasi kinerja siswa, dan lembar observasi kinerja guru ialah alat riset yang digunakan. persentase kinerja pengajar dinilai baik atau sangat baik, meningkat dari 77% menjadi 93%. Selain itu, berdasarkan peningkatan hasil belajar dari 66,24% menjadi 85,45%, bentuk observasi kinerja siswa yang termasuk dalam kategori baik dan sangat baik meningkat dari 64% menjadi 90%. Dengan menggunakan model pembelajaran yang dipilih, setiap aspek pembelajaran memperoleh capaian indikator keberhasilan pembelajaran pada siklus II secara sinkron. Berdasarkan penelitian di atas, penggunaan model pembelajaran Index Card Match memiliki keunggulan dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi peluang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...